PERAN DAN PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DALAM PENDIDIKAN ISLAM: LEGACY OF KNOWLEDGE AND SPRIRITUALITY

  • Muzayyanah Sadiyah Universitas Islam Syarifuddin Lumajang
Keywords: Al-Ghazali, pendidikan islam, tujuan pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, pendidik dan peserta didik

Abstract

Pendidikan Islam dilandasi oleh cita-cita hidup Islam untuk melestarikan, mentransformasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Islam bagi generasi mendatang agar nilai-nilai budaya dan agama tetap berfungsi dan berkembang dalam masyarakat dalam jangka panjang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang berbentuk penelitian kualitatif. Sumber sastra adalah sumber-sumber yang berkaitan seperti buku, artikel, majalah, dan karya lain yang membahas pemikiran dan pandangan Imam al-Ghazali tentang pendidikan Islam. Al-Ghazali adalah salah satu tokoh Islam terpopuler, pakar Islam yang hebat, yang tidak hanya menguasai ilmu-ilmu Islam, tetapi juga mempelajari filsafat, tasawuf, dan bahkan berbagai ilmu pengetahuan lainnya. Al-Ghazali adalah salah satu tokoh terpenting dalam sejarah Islam dan masyarakat Islam. Pemikirannya tentang pendidikan berbasis agama. Oleh karena itu, pendidikan menjadi alat dan media strategis dalam transformasi ajaran agama dan pengaruhnya terhadap historisitas pemikiran Islam yang dikenal dengan Ensiklopedia Islam. Pemikiran Al-Ghazali mengenai pendidikan cenderung lebih bersifat empiris, karena beliau sangat menekankan dampak pendidikan terhadap peserta didik. Menurutnya, anak bergantung pada orang tuanya dan orang yang membesarkannya. Mengenai konsep pendidikan, Al-Ghazali banyak memberikan usulan, antara lain peran peserta didik dalam pendidikan, tujuan, metode, dan etika. 

Kata Kunci: Al-Ghazali, pendidikan islam, tujuan pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, pendidik dan peserta didik.

Author Biography

Muzayyanah Sadiyah, Universitas Islam Syarifuddin Lumajang

cv_muzayyanah1.jpg

References

Agus, Zulkifli. 2018. “Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Ghazali,” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3.2 (2018), 21–38.
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1997, Cet. III.
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Logos, 1999.
Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2001,
Al-Ghazali. 2003 Ayyuhal Walad, Terj. Gazi Saloom, Jakarta: IIMaN.
Al-Ghazali, Bidayah al-Hidayah, tt.
Al-Ghazali. 2007. Ihya ‘Ulum al-Din, Darussalam, Kairo Mesir, Jilid I.
Al-Ghazali. 1996. Ihya Ulum al-Din (Revival of the Religious Sciences).Terjemahan oleh Umaruddin, A. & Fadhlilah, Z. Jakarta: Pustaka Amani.
Al-Ghazali, Ihya Ulum ad-Din, Juz, 1, tt. Dar al- Kutub.
Al-Ghazali. “Menimbang Gagasan Al-Ghazali Tentang Pendidikan Islam”. Pendidikan Islam.
Al-Attas, S. M. N. 1997. Al-Ghazali's Philosophical Theology. Bandung: Mizan.
Bambang, Q. Anees, dkk., 2008. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Djamil, F. 2004. Filsafat Tasawuf Ibnu Arabi dan Al-Ghazali: Studi Tentang Konsep Wihdat al-Wujud. Yogyakarta: LKiS.
Eko Setiawan. 2017. “Konsep pendidikan akhlak anak perspektif imam al ghazali,” Jurnal kependidikan, 5.1 (2017), 43–54 (hal. 45).
Faizatul Najihah Mohd Azaman dan Faudzinaim Badaruddin. 2016. “Nilai-Nilai Kerohanian Dalam Pembangunan Modal Insan Menurut Al-Ghazali (Spiritual Values in Human Capital Development by Al- Ghazali),” UMRAN-International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 3.1 (2016), hal. 11.
Fathiyah Hasan Sulaiman, Aliran-aliran dalam Pendidikan, (Studi Tentang Aliran Pendidikan menurut Al-Ghazali, ), (terj.), Agil Husin al-Munawwar dan Hadri Hasan, dari judul asli kitab Mazahib fi at-Tarbiyah Bahstun fi al-Mazahib at- Tarbawy ‘inda al-Ghazali, Semarang : Thoha Putra, 1993.
Fazlur Rahman, 2006. Kajian terhadap Metode Epistemologi dan Sistem Pendidikan, Yogyakarta.
H.M. Arifin. 1991. Filsafat Pendidikan Islam, Cet.1. Jakarta: Bumi Aksara.
Imroatus Sa’adah. 2017. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam Kitab Ayyuhal Walad Karya Syeikh Hujjatul Islam al-Ghazali di Pondok Pesantren Mambaul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi.” (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2017).
Muhammad Fadhil al-Jamaly, 1986. Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya : PT. Bina Ilmu.
Moleong. 1990. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution, H. 2003. Filsafat Islam: Sebuah Telaah Kritis tentang Al-Ghazali. Jakarta: UI Press.
Pius Apartanto dan M. Dahlan al-Barry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola.
Suwito, dkk. 2008. Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Rahma, Renita Nur, Ahmad Dibul Amda, Baryanto Baryanto, Deriwanto Deriwanto, dan Asri Karolina. 2021. “Penerapan Konsep Dasar Pemikiran Al-Ghazali Dalam Pendidikan Agama Islam,” JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4.1 (2021), 65–77.
Tamrin Fatoni. 2019. “Pendidikan Karakter Berbasis Local Wisdom (studi kasus di TK Islam PAS Munqidzatun Nasyi’ah Desa Wilangan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo),” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14.01 (2019), 49–62 (hal. 50).
Zainuddin. 1991. Seluk-Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksra.
Zuhri, M. 2014. Tasawuf dan Perkembangannya di Dunia Islam. Yogyakarta: IRCiSoD.
Published
2025-01-18
How to Cite
Sadiyah, M. (2025). PERAN DAN PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DALAM PENDIDIKAN ISLAM: LEGACY OF KNOWLEDGE AND SPRIRITUALITY . Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 18(2), 71-85. https://doi.org/10.51675/jt.v18i2.900