KRITIK ULUMUL AL-QUR’AN (ILMU TAFSIR), ILMU HADIS (DIRAYAH DAN RIWAYAH), DAN ILMU FIQH (USHUL FIQH)

  • Ismasnawati Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Tamrin Kamal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Rosniati Hakim Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Abdul Hakim Hanafi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Julhadi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Keywords: Studi Islam

Abstract

Artikel ini mengkaji dan mengkritisi tiga disiplin utama dalam studi Islam: ulum Al-Qur’an (ilmu tafsir), ilmu hadits (dirayah dan riwayah), dan ilmu fiqh (ushul fiqh). Dalam ulum Al-Qur’an, makalah ini mengevaluasi metode tafsir tradisional dan modern, menyoroti tantangan hermeneutis dan kebutuhan akan pendekatan kontekstual dalam memahami teks suci. Kritik terhadap ilmu hadits berfokus pada validitas isnad dan matan, menguji keandalan periwayatan dan metode kritik hadits untuk memastikan autentisitas. Dalam ilmu fiqh, makalah ini mengulas prinsip-prinsip ushul fiqh, menilai relevansi kaidah-kaidah hukum dalam konteks kontemporer, serta mengeksplorasi dinamika ijtihad dan taqlid. Melalui analisis kritis ini, makalah ini bertujuan untuk menawarkan perspektif baru yang mendukung pembaruan metodologis dalam studi keislaman, sehingga dapat menjawab tantangan dan kebutuhan umat Islam di era modern.

Kata Kunci: Ulum Al-Qur’an, Ilmu Hadits, Ilmu Fiqh

References

Atmaja, F. K. (2017). Perkembangan Ushul Fiqh Dari Masa Ke Masa. Mizan; Jurnal Ilmu Syariah, 5(1), 23–38. http://www.jurnalfai-uikabogor.org
Fauzi, I. (2024). Kontribusi teori kebenaran kefilsafatan dalam penguatan keilmuan hadits. Journal of Islamic Thought and Philosophy (JITP), 3(1), 153–169.
Gusmian, I. (2015). Tafsir Al-Qur’an Di Indonesia: Sejarah Dan Dinamika. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 1(1), 1–32. https://doi.org/10.32495/nun.v1i1.8
Hanapi, A. (2023). Antropologi Al-Qur’an dalam Diskurus ’Ulum Al-Qur’an Kontemporer. Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 8(1), 145–169. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/maghza/article/view/7097
Haq, E. Z. (2022). Telaah Kitab Tafsir Bercorak Lughawi Di Abad Pertengahan (Studi Komparasi antara tafsir Anwar at-Tanzil wa Asrar at-Ta’wil fi at-Tafsir dan al- Bahr al-Muhit) Elmia. Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 50–65.
Khotimah, H. K. (2022). Urgensi Kajian Hadis Di Indonesia (Pemikiran M. Syuhudi Ismail dan Ali Mustafa Ya’qub). Dirayah: Jurnal Ilmu Hadis, 3(01), 1–18.
Nasir, A. (2021). Meta Analisis Studi Ulumul Qur’an Di Indonesia. Hermeneutik : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 15(2), 259. https://doi.org/10.21043/hermeneutik.v15i2.12883
Rahmawati. (2015). Sejarah Ushul Fiqh Masuk Di Indonesia. Jurnal Islam, 3(1), 1–20.
Riam, Z. A., & Suheri. (2024). Tinjauan Historis Tradisi Keilmuan Islam Bidang Al- Qur ’ an. GAPAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 02(01), 106–117.
Ridwan, M. (2017). TRADISI KRITIK TAFSIR: Diskursus Kritisisme Penafsiran dalam Wacana Qur’anic Studies. Jurnal THEOLOGIA, 28(1), 55–74. https://doi.org/10.21580/teo.2017.28.1.1418
Rifai, M. R., Aziz, M. A. A., & Fatah, F. R. F. (2021). Studi Komparasi Manhaj Al-Syaukani (Fawaid Al-Majmu’ah Fi Al Ahadis Al-Maudu’ah) Dan Al-Idlibi (Naqd Al-Matn; ‘Inda ‘Ulama Al-Hadis An-Nabawi). Zawiyah : Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 101–120.
Salim, A. A. S., & Riyadi, A. K. (2022). Tafsir Syi’ah Sebagai Dakhil: Kajian Kritik Husein Al-Dhahabi Atas Tafsir Fath Al-Qadir. Al-Munir: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 190–230.
Saputra, R. M. (2023). Ijtihad Ibnu Hajar Al-Asqalani Dalam Mengkonstruksi Ilmu Hadis. El-Waroqoh, 7(1), 68–87.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suhartawan, B., & Hasanah, M. (2022). Memahami Hadis Mutawatir Dan Hadis Ahad. DIRAYAH : Jurnal Ilmu Hadis, 3(1), 1–18.
Sunusi. (2013). Masa Depan Hadis & Ulum Hadis. Jurnal Al Hikmah, 14(2), 55–70.
Published
2025-01-08
How to Cite
Ismasnawati, Kamal, T., Hakim, R., Hakim Hanafi, A., & Julhadi. (2025). KRITIK ULUMUL AL-QUR’AN (ILMU TAFSIR), ILMU HADIS (DIRAYAH DAN RIWAYAH), DAN ILMU FIQH (USHUL FIQH). Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 18(2), 59-70. https://doi.org/10.51675/jt.v18i2.891