Analisis Argumentasi Arif Sugitanata terhadap Berkembangnya Pembaharuan Hukum Keluarga Islam di Indonesia

  • Lujeng Rizkiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pembaharuan, Hukum Keluarga, Arif Sugitanata, Indonesia

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian terhadap sejumlah karya dari Arif Sugitanata yang berbicara tentang analisis argumentasi Arif Sugitanata terhadap berkembangnya pembaharuan hukum keluarga Islam di Indonesia. Memanfaatkan metode hybrid di mana data hasil wawancara dengan Arif Sugitanata sebagai bukti keabsahan data tentang Arif Sugitanata dan studi kepustakaan yang data utamanya berasal dari narasumber kemudian ranah kepustakaan berupa buku-buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 4 argumentasi dasar Arif Sugitanata terhadap berkembangnya pembaharuan hukum keluarga Islam di Indonesia, yakni, Pertama, Ketetapan yang ada dalam literatur fikih kuno tidak dapat menjawab persoalan yang terus muncul di tengah perkembangan era globalisasi dengan mencari aturan-aturan baru dan mapan untuk mengatasi masalah-masalah masyarakat. Kedua, Pertumbuhan ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi kontemporer yang semakin canggih sebagai suatu alasan akan keharusan suatu perubahan. Ketiga, Tuntutan untuk melakukan reformasi di berbagai elemen agar hukum Islam dapat menjadi acuan dalam perumusan undang-undang nasional, khususnya di Indonesia. Keempat, Tuntutan perubahan hukum Islam dari para ahli hukum Islam dunia kepada ahli hukum Islam asli Indonesia terkait masalah kesetaraan gender.

References

A. Djazuli, Kaidah-Kaidah Fikih, cet ke-4, Jakarta: Kencana, 2011.

Abd al-Wahhab Khallaf, ‘Ilm Ushul al-Fiqh, ttp: Maktabah al-Dakwah al-Islamiyyah, t.th.

Ahmad Rajafi, Nalar Hukum Keluarga Islam di Indonesia, Yogyakarta: Istana Publishing, 2015.

Arif Sugianata, “Hukum Keluarga Islam di Brunei Darussalam (Studi Analisis Terhadap Pembaharuan Hukum Islam), Al-Qadha: Jurnal Hukum Islam dan Perundang-Undangan, Vol. 8, No. 1, 2021.

Arif Sugitanata dan Moh Zakariya, “Peralihan Peran Pasangan Terdidik Antara Suami dan Istri”, Mahkamah: Jurnal Hukum Islam, Vol. 6, No. 1, 2021.

Arif Sugitanata, “Konsep Pertunangan Dalam Perspektif Agama: Studi Komperatif Agama Islam Dan Kristen,” ADHKI: JOURNAL OF ISLAMIC FAMILY LAW Vol. 2, No. 2, 2020.

Arif Sugitanata, “Larangan adat nyongkolan dalam perkawinan masyarakat Sasak Lendang Beso pada masa pandemi COVID-19.” Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Vol. 13, No. 1, 2020.

Arif Sugitanata, “Manajemen Membangun Keluarga Sakinah yang Hidup Berbeda Kota Tempat Tinggal.” MADDIKA: Journal Family Law 1.2. 2020.

Arif Sugitanata, “Memberikan Hak Wali Nikah Kepada Kyai: Praktik Taukil Wali Nikah Pada Masyarakat Adat Sasak Sade”, Jurnal Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Vol. 12, No. 2, 2019.

Arif Sugitanata, “Product Renewal in the Field of Family Law in Indonesia”, Law and Justice, Vol. 6, No. 1, 2021.

Arif Sugitanata, “Relavansi Pembaharuan Islam Bidang Hukum Keluarga Terhadap Egaliter Laki-Laki Dan Perempuan”, Bilancia, Vol. 14, No. 2, Juli-Desember 2020.

Arif Sugitanata, Siti Aminah dan Ahmad Muhasim, “LIVING LAW AND WOMEN EMPOWERMENT: Weaving Skills as Marriage Requirement in Sade, West Nusa Tenggara”, Jurnal Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Vol. 15, No. 1.

Arif Sugitanata, Suud Sarim Karimullah dan Mohamad Sobrun Jamil, “Produk-Produk Pembaharuan Hukum Keluarga Islam di Turki”, Familia: Jurnal Hukum Keluarga, Vol. 2, No. 1, 2021.

Arif Sugitanata. “Penalaran Istislah Dalam Pencatatan Perkawinan”, Jurnal Hukum Islam, Vol. 21, No. 2, 2021.

Atun Wardatun dan Hamdan, Kontekstualisasi Hukum Keluarga di Dunia Islam, Mataram: LEPPIM IAIN Mataram, 2014.

Doni Azhari dan Arif Sugitanata, “Genealogi dan Produk Dari Reformasi Undang-Undang Perceraian di Pakistan”, Jurnal Asy-Syukriyyah, Vol. 23, No. 1, 2022.

Doni Azhari, Arif Sugitanata dan Siti Aminah, “Trend Ajakan Nikah Muda: Antara Hukum Agama dan Hukum Positif”, The Indonesian Journal of Islamic Law and Civil Law, Vol. 3, No. 1, 2022.

Eko Setiawan, “Dinamika Pembaharuan Hukum Keluarga Islam di Indonesia.”, de Jure, Jurnal Syariah dan Hukum, Vol. 6 No. 2, Desember 2014.

Hamdan, Kontekstualisasi Hukum Keluarga DI Dunia Islam, hlm. 3.

Iffatin Nur, “Pembaharuan Konsep Kesepadanan Kualitas (Kafaa’ah)”, Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, Vol. 6, No. 2, Desember 2012.

Mahmood, Tahir, Family Law Reform in The Muslim World, New Delhi: The Indian Law Institut, 1972.

Miftahul Huda, Hukum Keluarga, Potret Keragaman Perundang-undangan di Negara-negara Muslim Modern, Malang: Setara Press, 2018.

Mohammad Daud Ali, Hukum Keluarga dalam Masyarakat Kontemporer ·, Makalah, disajikan pada seminar nasional Pengadilan Agama sebagai Peradilan Keluarga dalam Masyarakat Modern, Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Pusat Ikatan Hakim Peradilan Agama, 1993.

Muhammad ‘Abid al-Jabiri, Agama, Negara dan Penerapan Syariat, (al-Din wa alDawlah wa al-Tatbiq al-Syari’ah), terj. Mujiburrahman, Yogyakarta: Pustaka Baru, 2001.

Muhammad Syahrur, al-Kitab wa al-Qur’an, Qira’ah Mu’asirah, Damaskus: al-Ahali, 1995.

Mushthafa Ahmad Az-Zarqa, Al-Fiqhul Islami fi Tsaubihil Jadid, Damsyiq: Al-Adib, t.t.

Nurcholis Madjid, dkk., Fiqh Lintas Agama, Jakarta: Paramadina, 2003.

Siti Aminah dan Arif Sugitanata, “Genealogy and Reform of Islamic Family Law: Study of Islamic Marriage Law Products in Malaysia”, Journal of Islamic Law (JIL), Vol. 3, No. 1, 2022.

Solikul Hadi, “Bias Gender dalam Konstruksi HuKum Islam di Indonesia”. PALASTREN, Vol. 7, No.1, Juni 2014.

Suud Sarim Karimullah dan Arif Sugitanata, “Pembaharuan Konsep Kafa’ah Dalam Perkawinan”, Jurnal Keislaman, Vol. 5, No. 1, 2022.

Suud Sarim Karimullah, Arif Sugitanata dan Regita Amelia Cahyani, “Pembaharuan Konsep Kafa’ah Dalam Perkawinan”, SAMAWA: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Vol. 2, No. 1, 2022.

Suud Sarim Karimullah, Wifa Lutfiani Tsani, dan Arif Sugitanata, “Genealogi dan Produk Pembaharuan Hukum Waris Turki”, BIlancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah dan Hukum, Vol. 16, No. 2, 2022.

Wahbah al-Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Bairut: Dar al-Fikr, 1989.

Wawancara dengan Arif Sugitanata pada tanggal 1 April 2023.

Published
2023-04-27
Section
Articles