AL-ISLAM AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN SEBAGAI DASAR KARAKTER PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI INDONESIA

  • Elpita Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Keywords: al islam, kemuhamadiyahan, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengeksplorasi pengaruh Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai dasar karakter pendidikan keagamaan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menganalisis berbagai literatur yang relevan, termasuk buku, artikel jurnal, dan dokumen resmi organisasi Muhammadiyah. Al-Islam, dengan ajaran-ajaran fundamentalnya, memberikan landasan kuat bagi pengembangan akhlak mulia dan pemahaman keagamaan yang mendalam. Kemuhammadiyahan yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan sebagai gerakan pembaharuan, menekankan pendidikan modern, berkemajuan, dan berorientasi pada peningkatan kualitas hidup umat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan mampu membentuk karakter peserta didik yang beriman, berakhlak, berpengetahuan luas, dan memiliki semangat kemajuan. Pendidikan keagamaan berbasis Kemuhammadiyahan dan Al-Islam  berperan penting dalam membentuk generasi taat beragama, cerdas, serta berdaya saing tinggi di Indonesia.

 

Kata Kunci: Al-Islam Kemuhammadiyahan, Pendidikan Karakter

References

Achmad, A. K. (2017). Reaktualisasi Pendidikan Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (Aik) Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Transformation in Higher Education, 21(2), 167–178. https://doi.org/10.4102/the.v2i0.12
Arifin, S. (2019). Rekonstruksi Al-Islam-Kemuhammadiyahan (Aik) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praksis Pendidikan Nilai. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 13(2), 201–221.
Badrut Tamam Akhmad Muadin, R. A.-A. (2017). Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama kemuhammadiyahan di sekolah. Fenomena, 9(1), 67–82.
Djauhari, A. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Dengan Metode Shibghah. Instruksional, 2(2), 93–102. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/9735
Djauhari, A., & Mansah, A. (2023). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan Metode Shibghah di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Kemuhammadiyahan Dan Integrasi Ilmu, 1(1), 52–65.
Faridli, E. M., Anif, S., Prayitno, H. J., & Muhibbin, A. (2024). Revolusi Pendidikan Indonesia : Harmoni al-Islam , Kemuhammadiyahan , dan Kecakapan abad-21. Educatio, 10(1), 194–199. https://doi.org/10.29210/1202423796
Huda, H. (2019). Membangun Karakter Islami Melalui Al Islam dan Kemuhammadiyahan [Studi Analisis Perpres Nomer 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)]. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 55. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2071
Khadavi, M. J., Syahri, A., Nuryami, N., & Supandi, S. (2024). Revitalisasi Nilai Religiusitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Stai Muhammadiyah Probolinggo. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 11(2), 192–205. https://doi.org/10.31102/alulum.11.2.2024.192-205
Nugraha, A. R. (2023). Agama dan Gerakan Sosial Di Indonesia (Telaah Kritis Tentang Perkembangan Pendidikan Agama di Ormas Muhammadiyah). Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 1(1), 100–108.
Pajarianto, H., & Muhaemin, M. (2020). Al-Islam Kemuhammadiyahan Bagi Non-Muslim: Studi Empirik Kebijakan Dan Model Pembelajaran. Al-Qalam, 26(2), 237. https://doi.org/10.31969/alq.v26i2.853
Romadhona, D. I., & Supriyadi, S. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa Berbasis Penerapan Pendidikan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Sekolah Muhammadiyah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5157–5170. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9823
Syakban, I., Aryani, S. A., & Saputra, R. (2023). Rekontruksi Kegiatan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Inklusif Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. … Jurnal Pendidikan …, November, 1499–1518. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5584
Zakariya, D. M. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan. Jurnal Mas Mansyur, 22(3), 1–15.
Zulfarno, Mursal, R. S. (2019). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al- Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Sma Muhammadiyah Kota Padang. Islamic Education Journal, 1(2), 117–131.
Published
2024-07-31
How to Cite
Sari, E. (2024). AL-ISLAM AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN SEBAGAI DASAR KARAKTER PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI INDONESIA. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 18(1), 69-82. https://doi.org/10.51675/jt.v18i1.880