PROBLEMATIKA PENINGKATAN MUTU MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA SOECITY 5.0
Abstract
Problematika lembaga pendidikan Islam atau madrasah sangat kompleks, salah satunya yaitu problematika yang dihadapi dalam meningkatkan mutu manajemen Lembaga Pendidikan Islam di era society 5.0 yang ditandai dengan munculnya Artificial Intelegence. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah sistem komputer yang mampu melakukan tugas- tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik Pendekatan studi kepustakaan. Dalam pengumpulan datanya, peneliti menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan sumber data dari berbagai literatur berupa jurnal, buku, dan karya ilmiah yang valid. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan memberi solusi tentang problematika peningkatan mutu manajemen lembaga pendidikan Islam.
References
MADRASAH DALAM PERSPEKTIF INPUT-PROSES-. Risalah Jurnal pendidikan dan Studi Islam, 8(3), 1070–1083. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.325
Hasanah, S. U., Rusdin, R., & Ubadah, U. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Di Era Society 5 .0 : Sebuah Kajian Literatur. 1, 1–5.
RAHMAN, D., & AKBAR, A. R. (2021). PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI LEMBAGA
PENDIDIKAN ISLAM. NAZZAMA: Journal of Management Education, 1, 76–89.
Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 41–53.
Sobron, M., & Lubis. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 1–7. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134
Susandi, A., Dwidarti, F., Setiawan, B., Fadilah, Y., & Marwan. (2022). Problematika kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Ibriez, 7, 83–92.
Umar, M., & Ismail, F. (2017). marketable bagi stakeholder . Jurnal Pendidikan Islam Iqraï, 11, 1–24.
Suwito. (2008). Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group. Mutohar, P. M. (2013). Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

