THE IMPLEMENTATION OF PRACTICAL METHOD BASED ON TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) APPROACH IN LEARNINIG ENGLISH ON THE TENTH CLASS STUDENT AT MA AL-HIDAYAH JENU TUBAN
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa asing pertama di Indonesia yang dianggap penting dalam transfer dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni serta membangun hubungan antar negara. Tujuan pengajaran bahasa Inggris di SMA Islam adalah untuk mengembangkan empat keterampilan berbahasa: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Pengajaran keempat keterampilan berbahasa tersebut dapat dilakukan secara integratif untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurangnya perhatian terhadap keterampilan berbahasa tertentu dapat menyebabkan penguasaan bahasa Inggris siswa tidak seimbang. Namun, selain menggunakan model pengajaran biasa, untuk meningkatkan keterampilan siswa dan menciptakan situasi proses belajar mengajar yang menyenangkan, disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk membuat variasi pengajaran dengan menggunakan model tertentu yang menurutnya cocok untuk siswa. Salah satu model pengajaran bahasa Inggris adalah metode praktis berdasarkan turnamen permainan tim. Model ini dianggap menyenangkan karena merupakan kombinasi lucu antara kolaborasi, permainan, dan turnamen. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti ingin mempelajari tentang “Implementasi Metode Praktis Berbasis Pendekatan Team Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas Sepuluh di MA Al-Hidayah Jenu – Tuban. Penelitian ini berbentuk analisis deskriptif yang artinya peneliti menguraikan apa yang ditemukannya di dalam kelas dan mengungkapkannya untuk membuktikan kebenaran asumsinya. Ia mencoba mencari data dan mengolahnya serta hanya menjelaskan temuannya. Dia menganalisis dan menjelaskan tentang penerapan metode praktis berdasarkan turnamen permainan tim (TGT) dalam pengajaran bahasa Inggris. Peneliti menggunakan pendekatan fenomenologis dan metode deskriptif-kualitatif. Artinya, ia hanya memaparkan data penelitian dan temuan penelitian dalam bentuk tulisan, kalimat, dan paragraf; dia tidak mendeskripsikan dan menganalisis yang berbentuk angka. Hasil penerapan metode praktik berbasis turnamen permainan tim dalam pengajaran bahasa Inggris adalah positif dan bermanfaat.
References
Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
De Vries, David L, et als. 1990. The Instructional Design Library. USA: Library of Congress Catalog Card Number: 7926378.
Fauzi, Ali. 2021. The Use of Grammar-Translation Method to Teach Reading to the Tenth Class Students at SMK YPM 12 Tuban Academic Year 2020/2021. Tuban: Jurnal Tadris Vol. 15 No. 1 Juni 2021.
Haerazi. 2011. Pendekatan Pembelajaran Bahasa. Bantul: Penerbit Samudra Biru.
Hikmah, et als. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Dunia Hewa. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5 (1), 46-56. Palembang: SMA Unggulan Negeri 8.
Hornby, AS. 1980. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. London: The English Language Book Society and Oxford University Press.
Kemp, Jerrold E .1977. Instructional Design. California : David S. Lake Publishers.
Miles, Matthew B & Michael Huberman. 1984. Analisi Data Kualitatif Bahasa;Tjejep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, J. Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosyad, A. M. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Tarbawi, 05 (2), 173 – 190.
Saadjat, D. Y. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Melalui Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mts N 1 Luwuk. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5 (1), 63-72.
Sugiata, I.W. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (2), 78-87.
Surachmad, Winarno. 1972. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar. Bandung: Tarsito.
Yusuf, A. M. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Penerbit Kencana.