PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER AKHLAK MULIA, MANDIRI, DAN GOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS VII F DI SMP ISLAM SUNAN BEJAGUNG
Abstract
Berdasarkan hasil Observasi awal SMP Islam Sunan Bejagung masih ditemukan Siswa yang melanggar tata tertib sekolah seperti berangkat sekolah telat, tidak memakai kaos kaki panjang bagi perempuan, tidak berseragam rapi, dan tidak bersepatu, dan ada pula siswa yang tidur ketika jam pelajaran masih berlangsung. Selain itu masih ada siswa yang tidak mengikuti Jumat bersih di sekolah dengan alasan namanya tidak ada di dalam jadwal piket. Dari latar belakang masalah, penelitian ini diharapkan memberikan jawaban terhadap rumusan masalah bagaimanakah peran guru Aqidah Ahklak dalam Meningkatkan Karakter Akhlak mulia, Mandiri, dan Gotong Royong pada Siswa Kelas VII F di SMP Islam Sunan Bejagung. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan karakter akhlak mulia, mandiri, dan gotong royong pada siswa kelas VII F di SMP Islam Sunan Bejagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, Pedoman Wawancara dan lembar Dokumentasi. Untuk pengumpulan data, di kumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi temuan penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu, karena pengecekan data di teliti dari berbagai sumber dan membutuhkan Waktu yang berulang-ulang. Dari hasil pengumpulan data peran guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan karakter Siswa kelas VII F di SMP Islam Sunan Bejagung selain guru menyampaikan materi di dalam kelas guru juga memberikan teladan, contoh arahan, bimbingan, motivator dan fasilitas sebagai pendukung siswa dalam meningkatkan karakter akhlak mulia, mandiri dan gotong royong.
References
Kurikulum Merdeka”. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, no. 009/H/KR/2022.
Hidayat Rahmat. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya, Medan:Lembaga
Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPP).
Maimunawati Siti. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Pembelajaran: Strategi KBM
di Masa Pandemi Covid-19, Banten:Penerbit 3M Media Karya Serang.
Musfaidah, B. (2017). Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Islam Ruhama) (Bachelor's thesis, Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).
Setiawan, D. (2021). PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN RELIGIOSITAS PERILAKU KESEHARIAN DI PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM: Penelitian di Kelas IX MTs Daar El-Qolam 1. QATHRUNÂ, 8(2), 1-21.
Bandiah, S. (2020). Peran Guru Aqidah Akhlaq Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moralitas Siswa SMP Aisyiyah Curup. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(2), 89-100.
Auliyah, K. (2020). Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa MTS Assaidiyah Ngali Bima Nusa Tenggara Barat.
Zulkifli, Z., Syahputra, A., & Damayanti, S. (2022). PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA KELAS VII DI MTS PONDOK PESANTREN DAARUL MUTTAQIEN 1. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 18(1).
JANNAH, A. Z. (2019). PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MAN KOTA BLITAR.
Rahayu, N. A., Noor, T., & Kosim, A. (2022). Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII di SMPIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang. AS-SABIQUN, 4(4), 749-762.
PURNAMASARI, D. (2016). PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI PONDOK DARUL ISLAH NARATHIWAT THAILAND SELATAN.