TIPOLOGI IBU NYAI DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN DI SIDOSERMO SURABAYA
Abstract
Nyai dianggap Sebagai tokoh agama, beliau berperan penting dalam transformasi dan promosi pesantren, khususnya pondok pesantren wanita, meskipun kebanyakan petani biasanya dipimpin oleh seorang kyai dan nyai hanya sebagai mitra. Namun pada kenyataannya peran nyai cukup besar, karena seorang nyai perempuan memahami permasalahan yang ada pada santri, jiwa keibuan dan kepemimpinan yang baik dapat mengembangkan pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan Bu Nyai, mengetahui dan menemukan tipologi Bu Nyai di masing-masing pesantren dan menganalisis tipologi yang berlaku dalam perkembangan pesantren di Sidosermo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif Miles & Huberman. Dari hasil penelitian ditemukan tipologi Bu Nyai dalam perkembangan pondok pesantren. Setiap bu nyai menggunakan tipe yang berbeda dalam mengembangkan pesantren. Tipologinya adalah demokrasi yang diterapkan oleh Bu Nyai Mas Rosyidah di pondok pesantren An-Najiyah dan tipe paternalistik yang diterapkan oleh Bu Nyai Mas Hikmiyah di pondok pesantren Hikmatun. Najiyah dan Bu Nyai Mas Farochah menggunakan dua tipe, yakni otoriter dan militer, di pesantren Roudlotu Chubbil Qur'an. Dari keempat tipe tersebut, tipe otoriter dan militeristik yang digunakan oleh Bu Nyai Mas Farochah adalah yang paling dominan dalam perkembangan
References
Bruinessen, M. V. (1995). Kitab kuning: Pesantren dan tarekat. Mizan. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=156971
Handayani, S. A. (1995). Kedudukan peranan nyai di pondok pesantren sumber wringin (1995th ed.).
Khotimah, K. (2017). PERAN KEPEMIMPINAN BU NYAI DALAM MEMANAJEMEN PESANTREN (STUDI KASUS PESANTREN AL-HIDAYAH PUTRI KARANG SUCI PURWOKERTO UTARA). Jurnal Penelitian Agama, 18(2), 336–355. https://doi.org/10.24090/jpa.v18i2.2017.pp336-355
Margono, S. (2013). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moloeng, L. J. (2005). Metodologi penelitian kualitatif (Ed. rev., cet. 21). Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2007). Metode research (penelitian ilmiah). Bumi Aksara.
Qomar, M. (2006). Pesantren: Dari Tranformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Pustaka Populer Obor.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D – MPKK – Toko Buku Bandung (4th ed.). Alfabeta. https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-mpkk/
Surahmad, W. (1985). Pengantar penelitian ilmiah dasar ; metode dan teknik. Tarsito.