STRATEGI DAKWAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELOMPOK PENGAJIAN “BELAJAR DADI WONG ANGON” DI KABUPATEN NGAWI

  • Nur Nazhifah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan (1) Memahami strategi dakwah pendidikan agama Islam pada kelompok pengajian “Belajar dadi Wong Angon” (2) Memahami faktor yang menghambat, dan (3) Memahami faktor yang mendukung strategi dakwah pendidikan agama Islam pada kelompok pengajian “Belajar dadi Wong Angon”. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk memahami strategi dakwah pendidikan agama Islam, faktor yang menghambat dan faktor yang mendukung dalam proses dakwah pendidikan agama Islam pada kelompok pengajian “Belajar dadi Wong Angon”. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil peneitian ini adalah (1) Strategi yang digunakan dalam proses dakwah pendidikan agama Islam pada kelompok pengajian “Belajar dadi Wong Angon” yaitu, pendidik terlebih dahulu memastikan kesiapan peserta didik dalam menerima materi dakwah pendidikan agama Islam, memberikan suasana belajar yang nyaman dan damai, menyampaikan materi menyesuaikan dengan kapasitas peserta didik, memberikan kesempatan bertanya dengan menggunakan media telepon reguler konferensi atau telewicara (2) Faktor yang menghambat dianggap tidak ada (3) Faktor yang mendukung adalah seluruh komponen yang saling memberikan dukungan langsung.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani, 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004). Jakarta. Remaja Rosda Karya.
Lexy J. Maoleong, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Yatim Riyanto, 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya. SUC.
Burhan Bungin, 2005. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Awaludin Pimay, 2005. Paradigma Dakwah Humanis, Strategi Dan Mrtode Dakwah Prof KH. Saifudin Zuhri. Semarang. Rasail.
Zakiah Dradjat, dkk. 2006. Ilmu Pendidikan Islam Cet. VI. Jakarta. Bumi Aksara.
Published
2021-08-19
How to Cite
Nazhifah, N. (2021). STRATEGI DAKWAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELOMPOK PENGAJIAN “BELAJAR DADI WONG ANGON” DI KABUPATEN NGAWI. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 15(1), 68-76. https://doi.org/10.51675/jt.v15i1.127