PENANAMAN JIWA ENTREPRENEURSHIP DAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MARKET DAY DI RA BUNGA ISLAM MINOHOREJO WIDANG TUBAN

  • Dian Rustyawati Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Kastuti Kastuti Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Hilyatul Maknunah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
Keywords: Market day, enterpreneur, sosial emosional, anak usia dini

Abstract

ABSTRAK

Market day merupakan bentuk perwujudan dan aplikasi penguatan pendidikan karakter, pendidikan terinstegrasi dan pendidikan kewirausahaan di sekolah yang melibatkan semua peserta didik dalam proses produksi, distribusi dan konsumsi. Bertujuan untuk mengenalkan jiwa enterpreneur dan sosial emosional pada peserta didik diantaranya, karakter jujur, mandiri, kreatif, bekerja keras, pantang menyerah, teliti dan gotong-royong.  Dengan diadakannya kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada negara untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang mampu bersaing di era global. Kegiatan market day dilaksanakan di RA Bunga Islam yang diselenggarakan oleh mahasiswa IAINU Tuban. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus di RA Bunga Islam. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut adalah kegiatan marker day sangat berpengaruh pada jiwa entrepreneurship dan sosial emosional anak di lembaga RA Bunga Islam Desa Minohorejo Kecamatan Widang Kabupaten Tuban. Hal itu ditunjukkan oleh kepercayaan diri anak saat proses jual beli berlangsung, tanggung jawab anak dalam menjaga uang hasil penjualan, mengenal berbagai nilai pecahan uang, kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dengan teman lain saat kegiatan sedang berlangsung, dll.

 

Published
2023-04-10