PELATIHAN STRATEGI MARKETING BERBASIS DIGITAL PADA PELAKU UMKM DESA GUWOTERUS

  • Inarotul A’yun Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Siti Lailatul Khoiriyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Nadia Aliyatuz Zulfa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
Keywords: MSME, Digital, Marketing, training

Abstract

Abstract

One of the problems encountered by MSMEs in Guwoterus Village is the problems of limited marketing and skills in using technology. MSMEs in Guwoterus Village require the training of using social media and internet to improve their marketing strategy. The purpose of this paper is 1) to identify the use of marketing media at MSMEs in Guwoterus Village; 2) to describe technology-based business development programs for MSMEs in Guwoterus Village, through digital marketing training. The method used in identifying the use of marketing media is observation and interviews. The method used to develop technology-based businesses is community education and training. The materials in this digital marketing training include: 1) growing an entrepreneurial spirit and providing inspiration for online business success, 2) sharing sessions, 3) digital marketing training. The identification results show that many MSMEs in Guwoterus Village use simple technology in marketing, which is dominated by Whatsapp Stories. In fact, there are still many MSMEs that run their businesses offline without the help of technology. The results of evaluations of digital marketing training show that this training obtained some positive responses, because the training provided insight, knowledge, and inspiration.  

 

Abstrak

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di Desa Guwoterus adalah terbatasnya pemasaran dan kurangnya keterampilan menggunakan teknologi dan internet. UMKM di Desa Guwoterus memerlukan pendampingan dalam memanfaatkan internet untuk pemasaran usaha. Tujuan dari penulisan paper ini adalah 1) Mengidentifikasi penggunaan media pemasaran pada UMKM di Desa Guwoterus, 2) Menggambarkan upaya pengembangan pemasaran usaha berbasis teknologi dan internet pada UMKM Desa Guwoterus melalui pelatihan digital marketing. Metode yang digunakan dalam identifikasi kondisi UMKM dengan observasi dan wawancara. Metode yang digunakan dalam upaya pengembangan pemasaran usaha berbasis teknologi dan internet adalah metode pendidikan masyarakat dan pelatihan. Materi-materi disampaikan melalui pelatihan digital marketing meliputi : 1) Menumbuhan jiwa kewirausahaan dan memberikan insipirasi dari keberhasilan bisnis online, 2) Sharing session, 3) Pelatihan digital marketing. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa banyak UMKM di Desa Guwoterus menggunakan teknologi sederhana dalam pemasaran, yaitu didominasi dengan media Whatsapp Stories. Bahkan masih banyak UMKM yang menjalankan usahanya secara offline tanpa bantuan teknologi. Hasil evaluasi dari kegiatan pelatihan digital marketing menunjukkan bahwa kegiatan ini mendapatkan tanggapan yang positif, dinilai dapat memberikan wawasan dan ilmu, dan memberikan inspirasi.  

Published
2021-11-22