PEMBELAJARAN BAHASA DENGAN METODE KREATIF PADA KELOMPOK B DI TK IHYA’UL ULUM LAMONGAN
Abstract
Abstract
Creative Learning Methods in Language Subjects for Group B Kindergarten is a strategic step in fostering student interest in learning and minimizing student boredom when learning foreign languages. The purpose of this study is to produce creative learning methods in language subjects for Group B Kindergarten (TK). The research method used in this research is qualitative field research. Data collection tools through observation, interviews, and documentation. The results of the formulation of the Creative Learning Method in the Language subject for Group B were tested for validity through a Focus Group Discussion (FGD) with 4 experts namely: religious expert, linguist, psychologist and education expert. The results of this study can be described that the Language Learning Method for Group B Kindergarten at Ihya'ul Ulum Lamongan School does not look neat in a structured way. In its implementation, Group B language learning at Ihya'ul Ulum Lamongan School uses a language guide book for Group B ordered by the school with the addition of interesting methods in its delivery. Language learning methods are very diverse, including; direct method, question and answer, Qowa'id, and Game method.
Abstrak
Metode Pembelajaran Kreatif pada mata pelajaran Bahasa Untuk Kelompok B Taman Kanak-Kanakmerupakan langkah strategis dalam menumbuhkan minat belajar siswa dan meminimalisir kejenuhan siswa saat belajar bahasa asing. Tujuan dalam penelitian ini Untuk menghasilkan Metode Pembelajaran Kreatif pada mata pelajaran Bahasa Untuk Kelompok B Taman Kanak-Kanak(TK). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif field research. Alat pengumpul data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil rumusan Metode Pembelajaran Kreatif pada mata pelajaran Bahasa Untuk Kelompok B dilakukan uji keabsahan melalui Focus Group Discusion (FGD) dengan 4 ahli yaitu: ahli agama, ahli bahasa, ahli psikologi dan ahli pendidikan. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa Metode Pembelajaran Bahasa Untuk Kelompok B Taman Kanak-Kanakdi Sekolah Ihya’ul Ulum Lamongan secara terstruktur belum terlihat rapi. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran bahasa Kelompok B di Sekolah Ihya’ul Ulum Lamongan menggunakan buku panduan bahasa untuk Kelompok B yang dipesan oleh pihak sekolah dengan penambahan metode menarik dalam penyampaiannya. Metode pembelajaran bahasa sangat beragam, di antaranya; metode langsung, tanya jawab, Qowa’id, dan metode Game.