IMPLEMENTASI LOCAL WISDOM EDUCATION DALAM PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI SOLUSI PENGUATAN KARAKTER PATRIOTISME GENERASI MILLENIAL

  • Nurul Hidayati Amanah IAIN Kediri

Abstract

Artikel ini membahas tentang impelementasi pendidikan Islam yang berbasis kearifan lokal sebagai solusi penguatan karakter generasi millenial. Generasi millenial merupakan generasi dengan usia 17- 36 tahun, akan tetapi dalam artikel ini penulis mengerucutkan pembahasan permasalahan yang dialami oleh generasi millenial yang masih dalam tahap menuntut ilmu, yakni sebagai siswa SMA, mahasiswa, maupun mahasantri pada pondok pesantren. Salah satu permasalahan yang dialami oleh generasi millenial saat ini ialah lunturnya nilai- nilai patriotisme yang diindikasikan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu adanya sumpah daulah Islamiyah yang diikrarkan mahasiswa suatu instansi pada tahun 2017. Agar fenomena tersebut tidak semakin meresahkan, pendidikan memiliki fungsi yang penting untuk mencegah hal tersebut tidak semakin meluas. Seperti yang telah kita ketahui, di Indonesia, banyak sekali jenis pendidikan, salah satunya yaitu pendidikan Islam. Salah satu cara untuk menguatkan nilai patriotisme pada generasi millenial yaitu dengan mengintegrasikan nilai identitas nasional dengan konsep pendidikan Islam dengan cara mengaplikasikan FGD (Focus group discussion) yang mirip dengan metode syawir, pembelajaran kreatifitas yang berbasis kearifan lokal, serta pembelajaran karakter berbasis kearifan lokal dan keagamaan.

References

Al- Quran dan terjemahan untuk wanita. 2010. Bandung: Jabal.

Amin, Fathul. 2018. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Tadris, Vol 12 No. 2.

Anwar, Syaiful. 2018. “Pendidikan Islam dalam membangun Karakter Bangsa di Era Millenial”, Jurnal Al- Tadzkiyah Vol 9 No. 2.

Fitriana, Dyah Ayu dkk. 2019. Dzikir Pena Santri. Yogyakarta: Belibis Pustaka.

Hakim, Atang Abd. 2015. Metodologi Studi Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamid, KH. Abdul. 2010. Pemikiran Modern dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Iswan dkk. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Millenial IR 4.0”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, (Jakarta, 24 Maret 2018).

Iyubenu, Edi AH. 2020. Agama adalah Cinta, Cinta adalah Agama. Yogyakarta: Divapress

Rohmaniyah, Nurul. 2019. Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif KH. Wachid Hasyim. Skripsi: STITMA TUBAN.

Samidi, R. dkk. 2020. “Analisis Kritis Eksistensi Nilai Patriotisme dalam Pendidikan Kewarganegaraan”, Jurnal Harmoni Vol 5 No. 1

Walidah, Iffah al. 2017. “Tabayyun di Era Generasi Millenial”, Jurnal Living Hadis, Vol 2 Nomor 1.

Wani, Misbahul. 2019. “Pemuda dalam Al- Quran dan Sunnah”, Jurnla Studi Ilmu Quran dan Hadits Vol 13 No 1

Ya’qub, H. Ali Musthafa. 2016. Cara Cermat Mengamalkan Hadits. Tangerang: Maktabah Darussunnah

Published
2020-12-30
How to Cite
Nurul Hidayati Amanah. (2020). IMPLEMENTASI LOCAL WISDOM EDUCATION DALAM PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI SOLUSI PENGUATAN KARAKTER PATRIOTISME GENERASI MILLENIAL. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(2), 1-11. https://doi.org/10.51675/jt.v14i2.92