IMPLEMENTASI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAMI (BPI) DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA DI SMP ISLAM TERPADU AL-GHOZALI
Abstract
Dalam konteks sistem pendidikan di Indonesia, moderasi beragama telah menjadi topik yang semakin relevan, khususnya dalam membentuk karakter siswa yang toleran dan memiliki sikap yang seimbang. SMP Islam Terpadu Al-Ghozali menunjukkan komitmennya dengan mengintegrasikan prinsip moderasi beragama ke dalam kurikulum melalui program Bina Pribadi Islami (BPI). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh sekolah dalam menanamkan moderasi beragama di kalangan siswa kelas VIII B melalui program Bina Pribadi Islami (BPI). Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta analisis dokumen yang relevan. Proses analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, yang terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi yang diterapkan dalam menumbuhkan moderasi beragama SMPIT Al-Ghozali Jember adalah program BPI meliputi: Kegiatan 2JP Rutin BPI, Mabit (malam Bina Iman dan Taqwa), Rihlah Tarbawi, Tsaqofah Islamiyah (Seminar), Aktifitas PHBI. Sedangkan faktor pendukung: Program Unggulan yang Terencana, Sinergitas Kurikulum, Pembinaan Terfokus, Struktur Kegiatan Melingtar. Faktor Penghambat adalah pelaksanaan Program dimana perbedaan latar belakang Pendidikan siswa (SD/MI), Perpustakaan yang terbatas. metode diskusi interaktif, pembelajaran berbasis proyek, serta penguatan nilai spiritual melalui praktik langsung.
Kata Kunci: Moderasi beragama, BPI, Siswa
References
Abror, M. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148.
Aisah, S. (2019). Peranan Mentor Bina Pribadi Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Siswa Kelas VIII SMP IT Bina Insani Metro Tahun Pelajaran 2018/2019.
Ath-Thabari, A. J. M. B. J., Amin, B. H., Askan, A., & Mukti, M. B. (2007). Tafsir Ath-Thabari. Jakarta: Pustaka Azzam.
Aziz, A. (2010). Orientasi Sistem Pendidikan Agama di Sekolah. Yogyakarta: Teras.
Daradjat, Z. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Falah, F. (2020). Bina Pribadi Islami Tingkat Dasar Seri 2B. Surabaya: JSIT Publishing Indonesia.
Fauzi, A. (2018). Moderasi Islam, untuk Peradaban dan Kemanusiaan. Jurnal Islam Nusantara, 2(2).
Helmy, M. I., Jumadil, A. D., & Ali, M. (2021). The Understanding of Islamic Moderation (Wasatiyyah al-Islam) and the Hadiths on Inter-Religious Relations in the Javanese Pesantrens. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 377-401. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.377-401
Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Refrensi.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari https://www.kbbi.web.id/
Kartawisata. (1980). Strategi Klasifikasi Nilai. Jakarta: P3G. Depdikbud.
Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Maarif, H. N. (2017). Islam Mengasihi Bukan Membenci. Bandung: Mizan Pustaka.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Nasir, M., & Rijal, M. K. (2021). Keeping the Middle Path: Mainstreaming Religious Moderation through Islamic Higher Education Institutions in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 213-241. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.213-241
Permendikbud. (2016). Permendikbud RI Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. JDIH Kemendikbud, 1–168.
Presiden RI. (2003). Undang-Undang (UU) No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 37. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Ridha, A. R. (2020). Bina Pribadi Islami Tingkat Dasar Seri 2A. Surabaya: JSIT Publishing Indonesia.
Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Roisyah, Hannani dan Syaiful Rizal. (2024) Implementasi Program Pembelajaran KLIK dalam Menerangkan Intelligence Quotient Santri. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan dan Sains, 6 (01)
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, A. A. (n.d.). Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SD Negeri 47 Rejang Lebong. Skripsi.
Siradj, S. A. (2013). Tasawuf Sebagai Basis Tasamuh: Dari Social Capital Menuju Masyarakat Moderat. Al-Tahrir, 13(1), 87–106.
Sudarji, S. (2020). Moderasi Islam: Untuk Peradaban dan Kemanusiaan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 97–109. https://doi.org/10.62775/edukasia.v1i1.11
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tabroni, R., & Idham. (2023). From Radical Labels to Moderate Islam: The Transformationof the Salafism Movement in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 13(2), 279-306. https://doi.org/10.18326/ijims.v13i2.279-306
Uno, H. B. (2009). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wira, Nawira dan Syaiful Rizal, (2024) Implementasi Pendidikan Ani Bulliying MI Raudlatus Syabab Sukoqono Jember, Jurnal Edukasi (Meida Kajian Bimbingan Konseling) 10 (1)
Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 1185–1230.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.