UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SANTRI DALAM PEMBELAJARAN FAROIDH DI PONDOK PESANTREN AL-JAZULI

  • Ahmad Supandi Universitas Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
Keywords: minat belajar santri, Faroidh, strategi pembelajaran teknologi pendidikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi efektif dalam meningkatkan minat belajar santri pada mata pelajaran Faroidh di Pondok Pesantren Al-Jazuli. Faroidh, sebagai ilmu fiqih yang membahas pembagian warisan, memiliki peran penting dalam menjaga keadilan sosial. Namun, banyak santri menganggap materi ini sulit dan kurang menarik, sehingga menghambat pemahaman mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan interaktif antara pendidik dan santri dapat meningkatkan keterlibatan dalam pembelajaran. Penggunaan studi kasus yang relevan dengan kehidupan santri serta integrasi teknologi pendidikan, seperti aplikasi digital dan media visual, terbukti efektif dalam menyederhanakan konsep Faroidh. Kombinasi metode ini meningkatkan minat belajar santri sekaligus memperdalam pemahaman mereka terhadap ilmu Faroidh. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan adaptif.

References

Aji, Akhmad. 1992. Penerapan Hukum Waris Islam dalam Masyarakat Muslim Indonesia. Jakarta: Penerbit Islam Nusantara.
Aji, Akhmad. 2007. Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. Jakarta: Pustaka Al-Hikmah.
Aji, Akhmad, dkk. 2000. Strategi Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Lembaga Kajian Islam.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bire, A.L. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 44, Nomor 2, November 2014, Halaman 168-174.
Bloom, B.S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: McKay.
De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.
Gardner, Howard. 1983. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Gagne, Robert M. 1985. The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Hakim, Nurul dan Urokhim, Auliya. 1999. Metode Pengajaran dalam Pendidikan Pesantren: Studi Kasus di Beberapa Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 10, Nomor 1, Halaman 10-25.
Hamzah, B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Ahmad. 2018. Metodologi Pengajaran Fikih dan Faroidh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, Muslim. 2003. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pesantren. Malang: UIN Maliki Press.
Kadir, Abdul. 2015. Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pesantren. Bandung: Alfabeta.
Kolb, D.A. 1984. Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Merriam, S. B. 2009. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. San Francisco: Jossey-Bass.
Muhaimin, A. 2006. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Rajawali Press.
Nawawi, Hadari. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Piaget, Jean. 1972. The Psychology of the Child. New York: Basic Books.
Primadia, Adara. 2016. Asal Usul Nusantara Sebelum Masehi. https://sejarahlengkap.com/indonesia/kerajaan/asal-usul-nusantara (diakses pada 10 November 2019).
Purwanto, M. Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santrock, J.W. 2007. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.
Setiawan, Hendro. 2018. Teknologi Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan Karya Ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo.
Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Tanjung, Aminuddin. 2020. Implementasi Pembelajaran Faroidh dengan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Santri. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 8, Nomor 4, Halaman 134-142.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.
Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.
Zainuddin, N. 2016. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fikih di Pesantren. Bandung: Alfabeta.
Zubaedi. 2010. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2025-08-25
How to Cite
Supandi, A. (2025). UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SANTRI DALAM PEMBELAJARAN FAROIDH DI PONDOK PESANTREN AL-JAZULI. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 19(1), 46-57. https://doi.org/10.51675/jt.v19i1.1060