PENDIDIKAN ISLAM DAN ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN
Abstract
Penelitian ini membahas konsep Islamisasi ilmu pengetahuan, yang merupakan usaha untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam berbagai disiplin ilmu modern. Islamisasi ilmu pengetahuan bertujuan untuk mengembalikan dan mendefinisikan ulang pengetahuan agar sejalan dengan ajaran Islam, serta menciptakan sintesis antara warisan ilmiah Islam dan ilmu pengetahuan modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamisasi ilmu pengetahuan tidak hanya penting untuk pengembangan akademis, tetapi juga untuk membangun karakter dan spiritualitas umat Muslim. Melalui pemisahan elemen sekuler dari ilmu pengetahuan dan penerapan nilai-nilai Islam, proses ini diharapkan dapat mendorong kemajuan umat dalam bidang pendidikan dan penelitian ilmiah.
References
Al-Faruqi, Ismail Raji, 2003, Islamisasi Pengetahuan, Cet ke-3, Bandung: Penerbit Pustaka.
Abu Bakar A Bagader. 1989. Islamisasi Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta.
Budi Handrianto. 2010. Islamisasi Sains Sebuah Upaya MengIslamkan Sains Barat Modren. jakarta.
Budi Harianto. 2010. Islamisasi Sains Sebuah Upaya MengIslamkan Sains Barat Modren. jakarta.
H Ahmad Syadaly. 1997. “Filsafat Umum.”
Harun Nasution. 1992. Ensiklopedi Islam Indonesia. jakarta.
Ismail Raji al-Faruqi. 2003. Islamisasi Pengetahuan. Bandung.
Juhaya S Praja. 2002. Filsafat Dan Metodologi Ilmu Dalam Islam. Bandung: Teraju,.
Nina M Armando. 2005. Ensiklopedi Islam Jilid 2. jakarta.
Peter Salim & Yenny Salim. 1986. “Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer.” 76.
Ramayulis dan Syamsul Nizar. 2005. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, Mengenal Tokoh Pendidikan Islam Di Dunia Islam Dan Di Indonesia. Ciputat.
Rosnani Hashim. 2005. Gagasan Islamisasi Kontemporer: Sejarah, Perkembangan Dan Arah Tujuan, Dalam Islamia: Majalah Pemikiran Dan Peradaban Islam. jakarta.
Wan Mohd Nor Wan Daud. 1991. The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib Al- Attas, Diterjemahkan Oleh Hamid Fahmy Dkk, Filsafat Dan Praktik Pendidikan Islam Syed M Naquib Al- Attas. 341.
Zainal Habib. 2007. Islamisasi Sains Mengembangkan Integrasi Mendialogkan Perspektif. Malang.
H Ahmad Syadaly, dan Mudzakir, 1997, Filsafat Umum, Bandung: Pustaka Setia.
Habib, Zainal, 2007, Islamisasi Sains Mengembangkan Integrasi Mendialogkan Perspektif, Malang: UIN Malang Press.
Handrianto ,Budi, 2010, Islamisasi Sains Sebuah Upaya MengIslamkan Sains Barat Modren, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar,
Hashim, Rosnani, 2005, Gagasan Islamisasi Kontemporer: Sejarah, Perkembangan dan Arah Tujuan, dalam Islamia: Majalah Pemikiran dan Peradaban Islam INSIST: Jakarta, Thn II No 6/ Juli-September
Kamus Besar Bahasa Indonesia 2002, Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan & Pengembangan Bahasa, Jakarta : Balai Pustaka.
Nasution, Harun, 1992 , Ensiklopedi Islam Indonesia, Jakarta: Dzambatan.
Nor Wan Daud ,Wan Mohd, 1998, The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib al-Attas, diterjemahkan oleh Hamid Fahmy dkk, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M Naquib al-Attas Bandung: Mizan.
Peter Salim & Yenny Salim, 1986, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve.
Ramayulis dan Syamsul Nizar, 2005, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, Mengenal Tokoh Pendidikan Islam di Dunia Islam dan di Indonesia, Ciputat: Quantum Teaching
S Praja Juhaya, 2002, Filsafat dan Metodologi Ilmu dalam Islam dan Penerapannya di Indonesia, Jakarta: Teraju.