Pelatihan Edupreneur Create Your Own Business bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah sebagai Strategi Penguatan Karakter Wirausaha Sejak Dini

  • Siti Nurjanah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Nurlaili Dina Hafni Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Nunung Shofiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Nurfahmiyah Nurfahmiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
Keywords: Edupreneurship, kewirausahaan anak, pendidikan dasar, pelatihan, karakter mandiri

Abstract

Kewirausahaan merupakan salah satu pilar penting dalam menciptakan generasi yang mandiri, adaptif, dan siap menghadapi dinamika global. Dalam konteks pendidikan dasar, pengembangan nilai dan keterampilan kewirausahaan menjadi strategi fundamental dalam membentuk karakter peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pelatihan edupreneur dengan tema “Create Your Own Business” bagi siswa MI Islamiyah Merakurak Tuban. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah demonstratif-partisipatif dengan pendekatan learning by doing. Program diikuti oleh 75 siswa kelas IV, V, dan VI, yang dilatih untuk membuat dan memasarkan produk sederhana berupa sandwich. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek motivasi, keterampilan kewirausahaan, serta kepercayaan diri siswa. Edupreneurship terbukti menjadi pendekatan efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai kreativitas, tanggung jawab, serta semangat kerja sama. Artikel ini menyimpulkan bahwa pelatihan edupreneur dapat menjadi inovasi pembelajaran yang memperkuat pendidikan karakter dan menumbuhkan semangat wirausaha sejak dini.

Published
2025-05-26
Section
Articles