PROFESIONALISME GURU DALAM ASESMEN FORMATIF DAN SUMATIF PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

  • Rr. Kusuma Dewi Nur M. STIT Makhdum Ibrahim Tuban
  • Fathul Amin IAINU TUBAN
  • Ahmad Ainur Rifa’i IAINU TUBAN
Keywords: Profesional, Guru, Asesmen Formatif, Asesmen Sumatif

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana sikap seorang guru profesional dalam menerapkan asesmen formatif dan asesmen sumatif pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (Library Reseach) dan Sumber data yang digunakan dari penelitian ini melalui kajian literatur-literatur dari penelitian sebelumnya. Hasil dalam penelitian adalah penilaian atau asesmen dibagi menjadi dua yaitu pertama, asesmen formatif yaitu sebuah penilaian yang dilakukan di awal pembelajaran dan sepanjang proses pembelajaran yang bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Kedua, asesmen sumatif yaitu penilaian yang dilakukan pada akhir pembelajaran yang bertujuan untuk menilai capaian pembelajaran (CP) peserta didik, untuk dasar dalam penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari satuan pendidikan. Dalam menerapkan penilaian atau asesmen seorang guru harus mengerti tujuan dari asesmen formatif dan asesmen sumatif dengan mempertimbangkan teknik- teknik asesmen yang diterapkan dalam proses penilaian sehingga demikian ketika guru memiliki mutu dan kualitas tinggi dalam pelaksanaan penilaian atau asesmen maka penilaian akan  berjalan dengan baik. 

References

Ana Ratna Wulan, “Pengertian Dan Esensi Konsep,” Jurnal FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia,2007,1–12..
Asrorun Ni’am Sholeh. 2006. Membangun Profesionalitas Guru, Jakarta: Elsas
https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/penilaian-asesmen-formatif-dan-sumatif diakses pada 1 januari 2023, 06:30.
https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/asesmen/formatif-dan-sumatif/ diakses pada 1 januari 2023, 06:30.
Komang Setemen, Luh Joni Erawati, dan I. Ketut Purnamawan, “Model Peer Assessment Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi,” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 16, no. 1 (30 Januari 2019): 55–64, https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16619.
Novan Ardy Wiyani ed all. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: R-Ruzz Media. Omar Hamalik. 2004. Pendidikan Guru Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara. Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: graha ilmu.
Tadbir : “Pengembangan Teknik Dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 8, Nomor 2 : Agustus 2020 106
WJS Poerdawaminta. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia.
Published
2024-08-13
How to Cite
Rr. Kusuma Dewi Nur M., Fathul Amin, & Ahmad Ainur Rifa’i. (2024). PROFESIONALISME GURU DALAM ASESMEN FORMATIF DAN SUMATIF PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 18(1), 99-107. https://doi.org/10.51675/jt.v18i1.892