PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY (SAVI) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA DI MTSN 4 PADANG
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemandirian belajar siswa masih belum optimal, karena siswa belajar masih terpaku pada arahan guru, ketika guru tidak masuk ruangan masih ada siswa yang tidak memanfaatkan waktu untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 4 Padang yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dan Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemandirian belajar fiqih di MTsN 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain The Static Group Comparison Randomized Control Group Only Design dengan menerapkan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) pada kelas eksperimen 1 di kelas VII.1 berjumlah 32 orang dan kelas eksperimen 2 di kelas VII.2 berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan peneliti berupa angket kemandirian belajar pada materi mensyukuri nikmat Allah pada materi sholat fardhu jama’ dan qashar, item angket kemandirian belajar berjumlah 25 pertanyaan. Data penelitian hasil kemandirian belajar siswa dikumpulkan dengan angket, kemudian di analisis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 20. Temuan dari penelitian ini adalah uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) terhadap kemandirian belajar pada mata pelajaran fiqih yaitu melalui uji T-Paired didapat thitung = 69,734 dengan signifikansi 0,000 sedangkan ttabel yaitu 2,037 memiliki signifikansi 0,05. Jika thitung > ttabel 69,734 > 2,037 signifikansi 0,000<0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000< 0,05 dengan hasil rata-rata posstest kemandirian belajar yaitu 85,25.Selain itu juga terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih melalui uji Paired-T didapat thitung = 52,545dengan signifikansi 0,000 sedangkan ttabel yaitu 2,037 memiliki signifikansi 0,05. Jika thitung > ttabel 52,545 > 2,037 signifikansi 0,000<0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000< 0,05 dengan hasil rata-rata posstest kemandirian belajar yaitu 71,68.
References
Amberi, Mazrur.(2011). Pembelajaran Fiqih Di Madrasah (Mencari Model Di Tengah Perbedaan). Jurnal Tarbiyatuna Pendidikan Agama Islam Vol 1 No. 1
Anas, Sudjono. (2015), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Grafindo Persada.
Anas, Sudjono. (2015), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multi Disipliner. Jawa Tengah: Pena Persada
Desmita.(2009). Psikologi Perkembangan Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya
Dimyati dan Mudjono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Haerudin. 2013. “Pengaruh Pendekatan Savi Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematika serta Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan
Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Haris, Mudjiman. (2005). Manajemen Pelatihan Pelajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Huriyanti dkk. Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 3 No. 1 (2017)
Kusumantara, K. S. (2017). Pengaruh E-Learning Schoology Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Dengan Model Pembelajaran SAVI. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 126–135. https://doi.org/10.23887/jptk- undiksha.v14i2.10387
Mardianto. (2014).Psikologi Pendidikan. Medan:Perdana Publishing.
Meier. (2002). The Accclereated Learning Hand Book. Jakarta: Kaifa.
Mellyana.(2021). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,Visualization,Intellctualy) Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Arti Dalam Bacaan Sholat Siswa IV Di MIN 1 Muko-Muko
Mendikbud. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Mulia, Elvira. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Tipe SAVI Terhadap Kemandirian dan Minat Belajar Santri Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di MTs S PPMTI Bayur”. Jurnal Pendidikan
Ngalimun.(2012). Strategi Dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo
Nurdin, Syafruddin. 2016. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagarfindo
Nurmawati. (2006), Evaluasi Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media.
Ps, Djarwanto. (2000). Statistik Induktif. Yogyakarta
Rahmat, Dede. Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidik Vol. 34 (2020)
Reskyna, Kintan, Nursalmi Mahdi, E. N. T. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Savi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Submateri Spermatophyta Di Sman 1 Lhokseumawe Kintan. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2020, 1(1), 395–400.
Riduwan. (2006). Metode Dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Riyati. Penerapan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Kelas X Mipa F Sman 5 Bogor . Jurnal Pendidikan Guru 3 no. 2 (2022)
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: Rajawali Press
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berstandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: Rajawali press
Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2010), Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Suciono, Wira. 2020. Berfikir Kritis: Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri. Indramayu Jawa Barat: Abimata
Sundayana. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
User Usman, Muhammad. (2000).Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Uzain, Sholeh. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMP Yang Berorientasi Pada Kemandirian Dan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2016)