PENGARUH PROGRAM KETERAMPILAN AGAMA (KTA) TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XI IPS DI MA AL HIDAYAH JENU TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
PENGARUH PROGRAM KETERAMPILAN AGAMA (KTA) TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XI IPS DI MA AL HIDAYAH JENU TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini menjelaskan Program Keterampilan Agama (KTA) Terhadap Karakter Religius Siswa. Berdasarkan pada latar belakangi oleh permasalahan perkembangan zaman dilingkungan masyarakat banyak terjadi krisis moral yang sangat pesat. Krisis moral banyak terjadi dikalangan generasi muda. Maka salah satu upaya membentuk sikap yang baik kepada peserta didik yaitu dengan cara menanamkan karakter religius. Berdasarkan pada latar belakang masalah, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis program keterampilan agama (KTA) siswa (2) Mendeskripsikan dan menganalisis karakter religi siswa kelas (3) mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh yang signifikan program keterampilan agama (KTA) terhadap karakter religi siswa. Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Keterampilan Agama (KTA) Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas XI IPS MA Al Hidayah Jenu Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan melakukan analisis statistik korelasi product moment yang diinterpretasikan pada tabel interpretasi koefisien product moment diketahui bahwa hasil penelitian dengan alat bantu program SPSS menemukan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima dan didukung data empiris. Dan ada pengaruh yang signifikan berada pada kategori sedang dengan angka yang menunjukkan bahwa determinasi atau sumbang variabel pengaruh keterampilan agama terhadap karakter religius adalah 26,21% sedangkan 73,79% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan saran untuk peneliti berikutnya agar lebi kreatif dan inovatif dalam menemukan teori-teori baru yang bisa memunginkan untuk mengembangkan pengetahuan.
References
Ali Noer, Syahraini Tambak, H. R. 2017. Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam ( ROHIS ) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. 2(1), 23.
Astri Sulistiani, R. 2021. Konsep Penanggulangan Perilaku Menyimpang Siswa. Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.
Djollong Fitriani, A. 2014. Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif (. II(September), 86–100.
Ermindyawati, L. 2019. Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi. 2(1), 40–61. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.27
Fahmi, M. N., & Susanto, S. 2018. Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. 3833, 85–89.
Muhammad mushfi dan Fadilah, N. 2019. PENDAHULUAN Viralnya tindak kekerasan serta merosotnya moral bangsa menimbulkan kerusuhan yang merupakan fenomena sosial . Fenomena sosial tersebut telah menjadi problematika yang lazim dan memerlukan atensi berbagai pihak terutama kalangan relevansi pend. 9(1), 1–25.
Mutakin, T. Z., & Rusmana, I. M. 2014. Kota Tangsel memiliki motto. 1(3), 361–373.
Nuraeni, I., & Labudasari, E. 2021. Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 120. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51593
Nurjanah, S. 2020. Jurusan pendidikan agama Islam fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institut agama Islam negeri ponorogo 2019. PROGRAM KEAGAMAAN BERBASIS PESANTREN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER ISLAMI SISWA, November, 103.
Sidiq, U., & Choiri, M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidin (ed.)). CV. Nata Karya.
Sugiyono. 2016a. Metode Peneleitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit Alfabeta.
Raharjo, T. Y., & Rohana, H. D. 2018. Indonesian Journal of Curriculum Karakter Religius Siswa. 6(53), 22–32.