IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI GERAK DAN LAGU ANAK USIA DINI DI TK KHADIJAH 21 TEGALDLIMO BANYUWANGI
Abstract
Learning movements and songs in early childhood is very useful to stimulate child development, especially children's physical and motor development. In addition, learning movements and songs also develops 6 aspects of children's ability development. TK Khadijah 21 Banyuwangi is a kindergarten educational institution that develops all the basic potential of children, this is in accordance with the vision, mission and goals of TK Khadijah 21 Banyuwangi. Vision desires to create an institution that excels in quality students based on religious education, and produce students who are literate, creative, innovative and character. The way to achieve this vision is by organizing learning that instills religious values and charity, as well as creative, innovative and fun learning. Efforts to realize the vision and mission at TK Khaidjah 21 Tegaldlimo Banyuwangi create a learning program for movement arts and songs that can be made into excellence at TK Khadijah 21 Tegaldlimo Banyuwangi.
References
Ana mulia. 2017. Upaya meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui metode bermain gerak dan lagu si RA-ANIDA Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi, UIN Medan
Barnawi, Dan Novan Ardy Wiyani. 2012. Format Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Bowo, Ahmad Nasir Ari. 2015. Cerita Cinta Belajar Mengajar . Yogyakarta: Deepublish.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2016. Al-Qur’anul karim dan Terjemahannya makna ke dalam bahasa Indonesia. Kudus: Menara Kudus.
Dwi, astutik Yuliani. 2010. Ayah, Ibu…Ajari Aku lagu sederhana. Sukabumi: CV Jejak.
Cresswell, John. C. 2017. Research Design. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogjakarta: Pustaka Belajar.
Evi Fatimatur Rusydiyah, Dan Ali Mudlofir. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif
:Dari Teori ke Praktik. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
Efrida ita, 2018, Junal Dimensi pendidikan dan pembelajaran vol6, no 1, januhttp://Journal.umpor.ac.id.index.php.dimensi.indek
Haryanti & Tejaningrum. 2020. Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Pekalongan- Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.
Hasanah, Uswatun. 2018. Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung. Jurnal Insania, Vol.23, No. 2. ISSN 1410-0053.
Hewi & Shaleh. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Peningkatan Bertumpu Pada Pendidikan AnakUsia Dini. Jurnal Golden Age. Universitas Hamzanwadi. Vol. 04 No. 1. E-ISSN: 2549-
7367
Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Halimah, Lely. 2016. Pengebangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.
Bandung: PT Refika Aditama.
Hadiwiryo, Siswanto Sastro. 2007. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Imron Fauzi, Dan Srikantono. 2015. Kurikulum dan Bahan Ajar PAUD (Untuk Guru PAUD, Dosen, Mahasiswa, dan Praktisi Pendidikan). Jember:Superio.
Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/486/431
Jauhari, & Viana, R. O. (2021). Application of Motion and Song Learning in Early Childhood. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210204.032
Kamtini. 2005. Bermain Melalui Gerak Dan Lagu di Taman Kanak-kanak.
Jakarta: Departemen pendidikan Nasional.
Latif, Muktar. 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Leli, Halimah. 2016. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.
Bandung: PT Refika Aditama.
Mulyasa. 2012. Manajemen paud. Bandung: PT Rosdakarya Offset.
Mushlih, Ahmad. 2018. Analisis Kebijakan PAUD. Mojo tengah: Mangku bumi. Margono. 2010. motode penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 2007. Metode penelitian kualitatif . Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi penelitian: Skripsi, tesis, Disertai dan karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Oktariyana, 2018. Pembelajaran Gerak Dasar Senam Irama Berbasis Multimedia. Lampung: CV. Gre Publishing.
Peneliti, observasi, 15 desember 2020.
Resa Respati, Lutfi Nur, Taopik Rahman. 2018. Gerak dan Lagu Sebagai Model Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 2¯ 10. Dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/7344/6153.
Ratnaningsih, I. Z., Prihatsanti, U., & Prasetyo, A. R. (2017). Pelatihan Bagi Kader Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Kecamatan Banyumanik Semarang. Info, 17(2), 97–110.
Raharjo, T. (2012). Peningkatan kemampuan daya ingat anak slow learner melalui Terapi Kognitif pada anak sekolah dasar. Jurnal Sosial Budaya, 5(1), 34–41.
Ria Octa Viana, J. (2020). Pembelajaran Gerak Dan Lagu untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).
Susanto, Ahmad. 2010. Perkembangan anak usia dini: Pengantar dari berbagai aspek. Jakarta: Kencana.
Samsudin, 2008. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.
Sugiono, Yuliani Nuriyani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: PT Indeks.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Undang-undang U RI No. 20 Tahun 2003, 2016. Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) Jakarta:Sinar Grafika.
Surat Edaran Nomor: 1839/C.C2/TU/2009. Perihal: Penyelenggaraan Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Penerimaan Siswa Baru Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suriansyah, Ahmad & Aslamiah. 2011. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini.
Banjarmasin: Comdes.
Sutrisno, Maulana Dimas. 2017. Penggunaan Media Permainan Sebagai Upaya Membangun Literasi Dini. Universitas Airlangga http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54940.
Uzer, Y. (2019). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak. PERNIK Jurnal PAUD, 2(1)
Widiastuti, S. (2015). Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 59–71. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.