Pentingnya Pendidikan Agama dan Moral Bagi Anak Berspektif Hadist Pada Masa Covid-19 di Indonesia

  • Ulya Ainur Rofi'ah IAINU Tuban
Keywords: Religious And Moral Education, Hadist’s Specifies, Covid-19 Pandemic.

Abstract

Pendidikan agama dan moral pada anak usia dini merupakan suatu pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaannya. Didalam hadist riwayat Bukhari, Ibnu Habban dan Baihaqi menjelaskan bahwasanya orang tua sangatlah berperan penting dalam perkembangan agama dan moral anak. Keluarga ataupun orang tua merupakan pendidikan yang utama pada saat ini dalam siklus kehidupan masa pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini. Artikel ini akan menjelaskan tentang pentingnya pendidikan agama dan moral bagi anak berspektif hadis di tengah-tengah pandemi covid-19 di Indonesia. Bagaimana pentingnya pendidikan agama dan moral bagi anak usia dini berspektif hadis, dan bagaimana cara menanamkan pembiasaan pendidikan agama dan moral kepada anak sejak usia dini di tengah-tengah pandemi virus Covid-19 di Indonesia. Hal tersebut bertujuan agar anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang memiliki karakter yang baik sejak usia dini. Karena pendidikan agama dan moral penting untuk membantu anak dalam memasuki tahap selanjutnya.

References

Al-Bukhari. Al-Maktabah Al Syamilah, Microsoft Windows, tp,tp, Juz 1.
Asy’ari, M. 2010. “Perilaku Ekonomi Perspektif Etika Islam”, Jurnal Al-Ulum Volume 10, No. 1. Juni.
Baidhawy, Zakiyuddin. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multicultural. Jakarta: Erlangga.
Haq, Husnul. Beda Pendapat Ulama Soal Mencium Tangan Saat Bersalaman, http:/Islam.nu.or.id diakses pada Senin 14 Oktober2019.
Ibda, Fatimah. 2012. “Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama”. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari VOL. XII NO. 2.
Merry Dame Cristy Pane, Virus Corona, http:/alodokter.com diases pada tanggal 22 Maret 2020
Michele Boarba. 2016. Membangun Kecerdasan Moral Tujuh Keajaiban Agar Anak Bermoral Tinggi. Jakarta: Kencana.
Quasem, Abdul. 1988. Etika Al-Ghazali. Bandung: Pustaka.
Rofi’ah, U. A., & Munastiwi, E. (n.d.). Pemanfaatan Google Classroom dalam Mengoptimalkan Perkuliahan Perencanaan dan Evaluasi AUD di Masa Covid-19. 20.
Rofi’ah, U. A., Hafni, N. D., & Mursyidah, L. (2022). Sosial Emosional Anak Usia 0-6 Tahun dan Stimulasinya Menurut Teori Perkembangan. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 3(1), 1. https://doi.org/10.15575/azzahra.v3i1.11036
Rofi’ah, U. A., Maemonah, & Lestari, P. I. (2023). Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Fredwrich Wilhelm Froebel. Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), Article 01.
Rofiah, U. A., & Fatonah, S. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Covid-19. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 31–56. https://doi.org/10.24853/yby.v5i2.8574
Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Published
2023-10-31