Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Pedoman Penulisan

  1. Naskah merupakan tulisan ilmiah hasil penelitian di bidang Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Islam, Psikologi lintas Budaya, Psikologi Konseling, Psikologi Kesehatan dan Mental, Psikologi Sosial, Psikologi Anak, Psikologi Industri & Organisasi yang belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah harus bebas dari plagiarisme. Hanya naskah yang memiliki kesamaan kurang dari 30% yang akan diproses.
  3. Penulis yang memasukkan gambar, tabel, atau bagian teks yang telah diterbitkan dari tempat lain wajib mendapatkan izin dari pemilik hak cipta.
  4. Segala isi naskah dan akibat hukumnya menjadi tanggung jawab penulis.
  5. Dewan redaksi berhak melakukan perubahan terkait penulisan, tanpa mengubah substansi naskah.
  6. Sebelum mengirimkan naskah ke Empatia Jurnal Psikologi, penulis harus benar-benar yakin ingin menerbitkan naskahnya di Empatia. Penarikan naskah yang sedang dalam proses review akan dikenakan denda. Baca lebih jelas  Kebijakan Pencabutan.
  7. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. Secara umum, istilah tidak boleh disingkat kecuali jika digunakan berulang kali dan singkatan membantu pembaca. Gunakan kata lengkap terlebih dahulu, diikuti singkatan dalam tanda kurung. Setelah itu baru gunakan singkatannya.
  8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  9. Panjang naskah 15-20 halaman (termasuk daftar pustaka).
  10. Ukuran kertas A4 dengan spasi baris 1,15 dan font Candara 12.
  11. Naskah ditulis dalam format 1 (satu) kolom.
  12. Kutipan dan referensi ditulis menggunakan aplikasi Mendeley.

Sistematika Penulisan Naskah

Judul:  Judul maksimal 12 kata dalam bahasa Indonesia dan ditulis dengan huruf kapital di awal kalimat. Judul harus ringkas dan jelas dalam menggambarkan isi artikel. Dapat menggunakan judul yang kreatif untuk menarik pembaca. Kata pengaruh, hubungan, dan studi kasus sebaiknya tidak digunakan dalam judul. Lokasi penelitian disajikan pada bagian metode, bukan pada bagian judul  [Tengah, Candara 12, Tebal]

Penulis :  Ditulis nama lengkap tanpa gelar  [Tengah, Candara 10, Tebal]

Alamat Korespondensi:  ditulis nama Fakultas, Institusi, dan alamat  [Tengah, Candara 10, Tebal]

E-Mail :  E-mail yang ditulis hanyalah salah satu e-mail yang digunakan untuk surat menyurat  [Tengah, Candara 10, Tebal]

Abstrak:  Abstrak maksimal 200 kata, ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan menggunakan font  Candara 12, spasi tunggal . Abstrak harus jelas dan memberikan gambaran singkat mengenai masalah penelitian. Abstrak berisi 1) pendahuluan; 2) tujuan penelitian; 3) metode penelitian (desain penelitian, subjek, instrumen, dan teknik analisis data); 4) hasil penelitian dan; 5) abstrak diakhiri dengan memberikan kesimpulan singkat. Jangan gunakan tanda kutip dan singkatan. Jangan menulis hasil analisis data yang abstrak  [Justify, Candara 12, Spasi Tunggal, Miring]

Kata Kunci:  Maksimal 5 kata kunci, ditulis berdasarkan abjad, dan dipisahkan dengan titik koma.  [Justify, Candara 12, Spasi Tunggal, Miring]

Pendahuluan:  Pada bagian ini penulis menguraikan latar belakang masalah, tujuan, dan manfaat yang mendasari penelitian, tinjauan pustaka, dan atau hipotesis (panjang tulisan pada pendahuluan tidak boleh melebihi 20% dari keseluruhan teks). Pada bagian ini diperlukan tinjauan pustaka terlebih dahulu sebagai landasan bagi peneliti untuk menjelaskan: (1) adanya kesenjangan penelitian; (2) argumentasi peneliti dalam menjembatani kesenjangan, sebagai wujud komitmen peneliti untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan; (3) argumen peneliti tentang kebaruan penelitian.  [Justifikasi, Candara 12, spasi 1.15]

Metode:  Berisi penjelasan tentang variabel penelitian, definisi operasional variabel, desain penelitian, subjek penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Pada bagian ini penulis diminta untuk menjelaskan sedetail mungkin tentang prosedur penelitian yang digunakan, sehingga memudahkan peneliti lain untuk mereplikasi atau memverifikasi penelitian (panjang penulisan pada bagian metode tidak boleh melebihi 20% dari keseluruhan teks). Hindari mengutip kutipan langsung dari buku pada bagian metode.  [Justifikasi, Candara 12, spasi 1.15]

Hasil:  Berisi hasil statistik deskriptif, uji asumsi, dan uji hipotesis, yang kemudian dianalisis secara kritis. Gunakan tabel/grafik/gambar yang memuat interpretasi hasil analisis data untuk memudahkan pembaca memahami hasil penelitian teks (panjang tulisan pada bagian hasil tidak boleh melebihi 20% dari keseluruhan teks). Sebaiknya tabel/grafik/gambar diletakkan di akhir teks, bukan di dalam.  [Justifikasi, Candara 12, spasi 1.15]

Pembahasan:  Menjelaskan hasil penelitian. Hasil penelitian dianalisis secara kritis, dihubungkan dengan penelitian terdahulu, dan literatur yang relevan (panjang penulisan pada bagian pembahasan tidak boleh melebihi 30-40% dari keseluruhan teks). Bagian pembahasan harus memuat interpretasi substansial atas hasil analisis dan perbandingan dengan penelitian sebelumnya. Perbandingan ini harus menjelaskan perbedaan temuan penelitian dengan penelitian-penelitian sebelumnya, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Literatur yang digunakan dalam diskusi tidak boleh lebih dari sepuluh tahun terakhir.  [Justifikasi, Candara 12, spasi 1.15]

Kesimpulan:  Kesimpulan berisi simpulan dan saran. Kesimpulan dibuat secara ringkas dan jelas, serta harus menjawab tujuan penelitian. Kesimpulannya berisi sintesis temuan dari analisis data dan pembahasan serta menyoroti temuan-temuan baru yang berkontribusi terhadap perkembangan psikologi sebagai ilmu. Kesimpulan ditulis dalam bentuk paragraf (bukan numerik).  [Justifikasi, Candara 12, spasi 1.15]

Saran ditulis secara ringkas, jelas, dan padat. Saran ditulis dalam bentuk paragraf (bukan angka).  [Justifikasi, Candara 12, spasi 1.15]

Referensi:  Disusun berdasarkan referensi APA Style edisi ke-7 (Kunjungi  https://apastyle.apa.org/ ) dan hanya referensi yang dikutip dalam artikel yang disertakan. Referensi harus memuat referensi dari sumber utama (jurnal ilmiah), yang diterbitkan dalam 5 (lima) tahun terakhir, dan paling sedikit 80% dari total daftar referensi. Setiap naskah memuat paling sedikit 25 (dua puluh lima) referensi. Penulisan referensi harus menggunakan aplikasi pengelola referensi Mendeley.  [Candara 12, spasi 1] .

Tabel:

Penulisan tabel mengacu pada APA Style edisi 7, Kunjungi  https://apastyle.apa.org/style-grammar-guidelines/tables-figures/tables

Gambar:

Penulisan gambar mengacu pada APA Style edisi 7, kunjungi  https://apastyle.apa.org/style-grammar-guidelines/tables-figures/figures

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.