KORELASI KREATIFITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PRESTASI SISWA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII DI SMKN 2 MALANG

  • Isnawati Nur Afifah Latif IAINU Tuban
  • Siti Nurjanah IAINU Tuban

Abstract

Pendidikan menjadi kunci peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia. Pendidikan Agama Islam menjadi bagian yang terintegrasi dalam kehidupan bermasyarakat mengingat mayoritas penduduk penganut agama Islam. Fakta ini menjadikan Pendidikan Agama Islam sebagai faktor penting pembentuk kepribadian bangsa. Sekolah menjadi salah satu tempat diberikan Pendidikan agama Islam dengan dengan sistem terukur melalui kurikulum. Pencapaian keberhasilan pendidikan Agama Islam di sekolah dalam penelitian ini diukur dengan varibel Kreatifitas Guru (X1), Prestasi Belajar (X2), dan Pengamalan Agama siswa (Y1). Asumsi yang digunakan bahwa kreatifitas guru dan prestasi siswa akan memberi pengaruh terhadap pengamalan Agama Islam siswa di SMKN 2 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan skala Likert. Metode analisis menggunakan analisis korelasi dan regresi. Pengolahan data menggunakan software SPSS 25. Metode yang dipakai yaitu single (enter) dan bukan menggunakan metode stepwise. Uji hasil pengukuran dengan uji reabilitas dengan taraf nyata 5%. menggunakan koefisien aloha cronbach . Diperoleh nila F sebesar 3,546 dengan nilai signifikan 0,03 yang berarti varibel Kreatifitas Guru (X1), Prestasi Belajar (X2) memberi pengaruh signifikan terhadap Pengamalan Agama siswa (Y). Berlainan dengan hasil uji t sebesar 0,269 dengan nilai signifikan 0,012 menunjukkan Kreatifitas Guru (X1) dan Prestasi Belajar (X2) tidak memberi pengaruh signifikan terhadap Pengamalan Agama siswa (Y) SMKN 2 Malang.

References

Burhanuddin, H. (2014). Rekontruksi Sistem Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Muaddib volume 4 nomor 2.

Djohar, M., S. 2006. Guru, Pendidikan dan Pembinaannya, Penerapannya dalam Pendidikan dan UU Guru. Yogyakarta: Grafika Indah.

Muhaimin. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Muhamad Faisal Ashaari, M., F., Ismail, Z., Puteh, P., Samsudin, M., A., Ismail, M., Kawangit, R., Zainal, H., Nasir, B., M., and Ramzi, M., I. 2012. An Assessment of Teaching and Learning Methodology in Islamic Studies. Procedia-Social and Behaviour Sciences 59 page 618-626.

Nisfianoor, M. 2009. Pendekatan statistik Modern untuk Ilmu sosial. Salemba Humanika: Jakarta.

Nugroho, M., A., dan Ni'mah, K. 2018. Konsep Pendidikan Islam Berwawasan Kerukunan pada Masyarkat Multikultural. Millah: Jurnal Studi Agama volume 17 nomor 2 halaman 337-378.

Othman, N. 2014. A Comparative Study Between Western and Islamic Perspectives on Human Development and Life-Friendly Environment. Online Journal of Research in Islamic Studies volume 1 no. 1.

Rustan, E. 2018. De-radicalization in the Implementation of Islamic Education Curriculum in SMA Masamba South Sulawesi. Dinamika Ilmu, volumen 18 nomor 2.

Subhan, F. (2013). Konsep Pendidikan Islam Masa Kini. Jurnal Pendidikan Agama Islam volume 2 nomor 2.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinaasi ( Mixed Methods). Alfabeta: Bandung.

Talajan, G. 2012. Menumbuhkan Kreativitas dan prestasi Guru. Yogyakarta: Laksbang Presindo.

Zaini, Akhmad dan Darwan Setyono. 2020. Hubungan antara Nilai Sikap dengan Prestasi Akademik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. JURNAL TADRIS, Volume 14, Nomor 1, Juni 2020 Halaman 41-58.

Published
2020-12-30
How to Cite
Isnawati Nur Afifah Latif, & Siti Nurjanah. (2020). KORELASI KREATIFITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PRESTASI SISWA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII DI SMKN 2 MALANG. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(2), 31-43. https://doi.org/10.51675/jt.v14i2.96