ANALISIS IMPLEMENTASI METODE DISCUSSION DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA JENJANG SMP
Abstract
Ada banyak metode pengajaran yang digunakan oleh guru di sekolah. Salah satunya adalah metode diskusi. Metode ini menekankan interaksi antara teman sebaya dan juga guru dalam berdiskusi atau mencari solusi atas materi pembelajaran. Jika dilakukan dengan benar, metode diskusi ini dapat mendorong siswa untuk berpikir atau mengemukakan pendapatnya sendiri, sehingga juga melatih mereka untuk berpikir kritis dan percaya diri. Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, modus diskusinya tidak hanya diskusi atau diskusi biasa, tetapi diskusi terjadi karena ada topik yang membutuhkan jawaban atau pendapat yang berbeda. Hal ini diperlukan bagi siswa masa depan, tidak hanya karena orang selalu menghadapi masalah yang berbeda yang tidak dapat diselesaikan sendiri, tetapi juga karena kerja sama atau refleksi dapat menghasilkan solusi yang lebih baik. Menerapkan metode diskusi yang dilakukan oleh siswa terutama di bawah bimbingan guru, sedangkan pembelajaran pendidikan agama Islam dianggap sebagai salah satu cara yang tepat untuk menyalurkan informasi yang bermanfaat dan pemahaman yang lebih dalam.
References
B A M, S. A., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Diskusi Siswa Smanegeri 4 Surakarta : Kajian Dengan Prinsip Kerja Sama Grice Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 281. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37720
Hadija, Kapile, C., & Juraid. (2018). Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN no 2 Tamarenja Kecamatan Sindeu Tobata. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8), 11–30.
Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran; konsep dan manajemen. In UNY Press.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi Anatarpribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi. E-Journal"Acta Diurna", VI(2), 1–15.
Pinasti, N. W. (2012). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X1. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 1(2), 32.
Sari, W., Anwar, F., Wirdati, W., & Engkizar, E. (2021). Metode Diskusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 8904–8909.
SOPAKUA, S., LABOBAR, W., & LATUIHAMALLO, F. (2021). Hubungan Metode Diskusi Kelompok Dengan Motivasi Belajar Terhadap Daya Serap Peserta Didik Pada Pembelajaran Pak Dan Budi Pekerti. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(2), 130–147. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.566
Suratningsih, N. P. (2022). Implementasi metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok belajar B1 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 di TK Eka …. Indonesian Journal of Educational …, 3(November), 379–387. https://doi.org/10.5281/zenodo.7367532
Syahraini, T. (2015). Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan , 12(1), 1–20.
Wisiastuti, W., & Kania, W. (2021). Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 3(1), 259–264.