PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI BERDASARKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN

  • Fathul Amin INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA TUBAN
  • Darwan Setyono IAINU Tuban

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pemikiran tentang kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an yang merupakan bagian dari komponen penilaian prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP). Mengacu pada hal tersebut maka patut untuk diketahui perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP), mengingat setiap siswa memiliki kemampuan baca tulis Al-Qur’an yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an, (2) mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP), dan (3) menjelaskan perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) berdasarkan kemampuannya dalam baca tulis Al-Qur’an. Semantara itu, rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian komparasial dengan pendekatan penelitian kuantitatif berdasarkan pada jenis datanya. Data dikumpulkan  melalui uji performansi dan teknik dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji statistik parametrik  berupa uji perbandingan antarkelompok atau Independent Sample T-test.

            Hasil penelitian menunjukkan bawa kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu kelompok yang mampu sebanyak 18 siswa, sedangkan jumlah kelompok yang kurang mampu sebanyak 14 siswa. Selanjutnya, mengacu pada analisis data diperoleh nilai t hitung sebesar 3.67 sedangkan nilai t tabel dengan uji dua ekor (two tailed test) dengan dk 30 pada alpha (∝) 5% adalah 2.042. Dengan demikian nilai t hitung > dari t tabel, maka berdasarkan kaidah pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) berdasarkan kemampuannya dalam baca tulis Al-Qur’an pada alpha (∝) 5%.

References

Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, M. 1989. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Dirjen Dikti.
Emzir. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Farida, E. 2013. Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dan Penguatan Agama siswa Madrasah Tsanawiyah di 8 Kota besar di Indonesia. Edukasi (Jurnal Penelitian Pendidikan agama dan Keagamaan). Jakarta: Balitbang dan Diklat Kemenag RI.

Gagne, R.M. 1985. The Conditioning of Learning and Theory of Instruction. 4th ed New York: Holt, Rinehart & Winston.

Kamil. 2008. Model Penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Mata Pelajaran PAI. Jakarta: Depag RI.
Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Pratiwi, N.K. 2015. Pengaruh Tingkat pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Vol.1 no.2 (75-105)

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soenoro. 1982. Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa [online] http://mahera. net/2011/arti-pengertian-definisi-prestasi-belajar/

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-08-19
How to Cite
Fathul Amin, & Setyono, D. (2021). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI BERDASARKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 15(1), 1-23. https://doi.org/10.51675/jt.v15i1.124