PENDIDIKAN ISLAM DALAM PANDANGAN SYEKH NAWAWI AL- BANTANI DAN IMPLIKASINYA DI ERA MODERN

  • Much. Mahfud Arif IAINU Tuban

Abstract

Imam Muhammad Nawawi al-Jawi (al-Bantani) adalah salah satu tokoh intelektual muslim yang menjadi kebanggan umat Islam Indonesia. Kebanggan kepadanya agaknya tidaklah berlebihan karena keberadaannya telah memberikan kontribusi yang besar terhadap dunia intelektual dan citra Islam di mata dunia Islam. Nawawi al bantani sejatinya merupakan tokoh yang piawai dalam gerakan dan pembaharuan pemikiran pendidikan. Melalui karya-karyanya yang tersebar dipesantren-pesantren tradisional yang sampai sekarang masih banyak dikaji, nama Kiai asal Banten ini sekan masih hidup dan terus menyertai umat memberikan wawasan ajaran Islam yang menyejukkan. disetiap majlis ta’lim karyanya selalu dijadikan rujukan utama dalam berbagai ilmu, dari Ilmu tauhid, fikih, tasawuf sampai ilmu tafsir.

Pemikiran syekh Nawawi telah di kenal bukan hanya di dunia pesantren di Indonesia, tetapi juga di negara-negara Asia Tenggara, bahkan Timur Tengah. Oleh karena itu, kajian-kajian terhadap pemikiran syekh Nawawi, khususnya dalam pendidikan Islam menjadi suatu yang sangat menarik.

Syekh Nawawi al-Bantani telah banyak berjasa meletakkan landasan teologis dan tradisi keilmuan di lembaga pendidikan Islam.pemikiran pendidikanya masih relevan di implementasikan di zaman modern sekarang yang menyangkut nilai-nilai dasar pendidikan  dan aktifitas pendidikan islam di indonesia maupun di dunia internasional.

References

Asnawi, Pemahaman Syaikh Nawawi Tentang Ayat Qodar dan Ayat Jabar dalam Tafsirnya Marah Labid (Suatu Studi Teologi Islam). Jakarta :Badan Litbang dan Diklat DEPAG RI.
Basri, Hasan dan Beni Ahmad Saebani, Ilmu Pendidikaa Islam (Jilid II), Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Depaq RI, Ensiklopedi Islam, (Jakarta: Anada utama), 1993.
Iqbal, Asep Muhammad, Yahudi dan Nasrani dalam al-Quran, (Jakarta: Mizan) 2004.
Siregar, Maragustam, Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al- Bantani, Yogyakarta: Datamedia, 2007.
Maragustam, Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna (Falsafah Pendidikan Islam), Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.
…………., Ide-Ide Sentral Syekh Nawawi al-Bantani Tentang Pendidikan Islam,Yogyakarta: Disertasi UIN SUKA, 2006.
Shofan, Moh, Pendidikan Paradigma Profetik (Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam), Jogjakarta: IRCiSod, 2004.
Tim Penyusun, 2011, Filsafat Pendidikan Islam, Seri 2, Yogyakarta: KOPERTAIS Wilayah III UIN Sunan Kalijaga.
Published
2021-08-19
How to Cite
Much. Mahfud Arif. (2021). PENDIDIKAN ISLAM DALAM PANDANGAN SYEKH NAWAWI AL- BANTANI DAN IMPLIKASINYA DI ERA MODERN. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 15(1), 52-67. https://doi.org/10.51675/jt.v15i1.123