PENERAPAN PROGRAM NGAQU (NGAJI ALQURAN) BAGI WARGA LAPAS KELAS II B TUBAN UNTUK MENINGKATKAN PEACEFULNESS OF SOUL

  • M. Fauzi STIT Makhdum Ibrahim Tuban
  • Jamal Ghofir IAINU Tuban

Abstract

Peacefulness of soul atau ketenangan jiwa bagi warga lapas, khususnya lapas kelas II B Tuban sangatlah penting, karena keterbatasan ruang dan gerak akan sangat memungkinkan penghuninya untuk mengalami goncangan-goncangan psikologis/kejiwaan. Untuk mendapatkan ketenangan jiwa, perlu melakukan aktifitas yang dapat menenangkan jiwanya, dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt, salah satunya dengan membaca AlQuran. Di dalam lapas kelas II B Tuban sudah di bentuk sebuah lembaga TPQ yang mana semua Pengajarnya merupakan warga lapas sendiri. Namun, Kenyataan di lapangan memperlihatkan bahwa para Pengajar yang keseluruhan berasal dari warga lapas, dalam mengajarkan Al-Quran belum mempunyai metode khusus untuk menunjang keberhasilan kegiatan mengaji Al-Quran. Padahal kegiatan mengaji Al-Quran ini sangat penting bagi warga lapas untuk menciptakan ketenangan jiwa, maka diperlukan hal-hal yang dapat menunjang tercapainya tujuan kegiatan ini.

Berangkat dari persoalan di atas, maka pendampingan program NGAQU (Ngaji Al-Quran) bagi para Pengajar TPQ di lapas kelas II B Tuban sangat relevan khususnya untuk Developing peacefulness of soul atau ketenangan jiwa bagi warga lapas kelas II B Tuban.

References

Abdurrahim Hasan dan Muhammad Arif dkk. Strategi Pembelajaran Alquran Metode Tilawati.

Ana Achoita. 2019. “BAHASA ARAB DAN METODE PENGAJARANNYA”. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam 12 (2), 19-32. https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/20.

Daradjat, Zakiyah. 1982.Kesehatan Mental. Jakarta: GunungAgung.

Ghazali, Imam. 1984. Keajaiban Hati. (terj.) Nur Hichmah, dari Ajaib Al-Qolb, Jakarta: Tirta Mas.

Imam Al-Ghazali. 1984. Ihya Ulumuddin Bab Ajaibul Qolbi Terj. Ismail Yakub. Jilid 4. Jakarta: Tirta Mas.

Irwanto,dkk. 1991. Psikologi Umum. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kartono, Kartini dan Jenny Andari. 1989. Hygiene Mental dan Kesehatan Mental Dalam Islam. Bandung: Mandar Maju.

Kulsum, Umi. 2015. jurnal dengan judul ketenangan jiwa dalam keberhasilan proses pendidikan remaja.

Nasih, Ahmad Munjin. 2009. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung : PT Refika Aditama.

Soemanto, Wasty. 1988.Pengantar Psikologi. Jakarta: Bina Aksara.

Ubbiyati, Nur. 1997. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Published
2020-12-30
How to Cite
M. Fauzi, & Jamal Ghofir. (2020). PENERAPAN PROGRAM NGAQU (NGAJI ALQURAN) BAGI WARGA LAPAS KELAS II B TUBAN UNTUK MENINGKATKAN PEACEFULNESS OF SOUL. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(2), 55-61. https://doi.org/10.51675/jt.v14i2.101