FOKUS DAN RUANG LINGKUP

Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pembaca serta sebagai sumber literasi pada teori dan praktik pendidikan dasar keislaman. Jurnal ini menerbitkan artikel orisinil pada tren dan isu-isu terkini terkait dengan pendidikan dasar keislaman khususnya di Madrasah Ibtidaiyah/sederajat yang meliputi :

  1. Pembelajaran

Berisikan hasil penelitian mengenai pembelajaran yang dilaksanakan di pendidikan dasar keislaman. Kami merekomendasikan kajian yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembalajaran yang dikaji dari beberapa sudut pandang meliputi psikologis, sosial, kognitif, afektif, dan kultural.    

  1. Isu dan tren terkini

Berisikan hasil penelitian yang membahas mengenai isu dan tren global terkini yang mengimplikasi dunia pendidikan dasar keislaman khususnya tingkat Madrasah Ibtidaiyah/sederajat.

  1. Tenaga pendidik pendidikan dasar

Berisikan hasil penelitian yang membahas tentang profesionalisme seorang tenaga pendidik yang meliputi : persiapan, kinerja, pengembangan, karir, dan permasalahan yang dihadapi oleh  tenaga pendidik pada pendidikan dasar keislaman.

  1. Kebijakan dan kurikulum pendidikan dasar

Berisikan hasil penelitian yang membahas tentang penerapan, efek dan pengaruh, pro dan kontra, serta evaluasi dari kebijakan dan kurikulum pendidikan dasar yang dikeluarkan oleh pemerintah dan mengimplikasi pendidikan dasar keislaman khususnya di Madrasah Ibtidaiyah/sederajat.

  1. Manajemen pendidikan dasar

Berisikan hasil penelitian yang membahas tentang manajemen pendidikan dasar keislaman. Kajian tentang ruang lingkup ini cukup luas, meliputi : manajemen institusi berbasis sekolah, manajemen kurikulum pendidikan, manajemen kesiswaan, manajemen sdm dan kepegawaian, manajemen keuangan sekolah, manajemen sarpras sekolah, kepemimpinan, serta manajemen input/output peserta didik. 

 

PROSES REVIEW

Draft artikel yang diajukan wajib disesuaikan dengan template jurnal, serta focus dan ruang lingkupnya. Draft artikel yang diajukan juga harus bebas dari unsur duplikasi, pemalsuan data dan plagiarisme .

Proses Review Sejawat pada jurnal ini dilakukan secara sistem “blind” dan dilakukan oleh maksimal 2 orang reviewer ahli. Reviewer bertanggung jawab melakukan telaah naskah secara obyektif, memberikan saran untuk meningkatkan kualitas artikel, serta menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ditelaahnya.

Keputusan final penerimaan artikel yang diajukan diputuskan oleh tim editor berdasarkan saran dan rekomendasi reviewer. Selanjutnya, artikel yang akan diterbitkan oleh jurnal PREMIERE pada volume, nomor, dan tahun  tertentu diputuskan oleh Ketua Redaksi berdasarkan saran dan rekomendasi tim editor.

 

FREKUENSI PUBLIKASI

 

Jurnal PREMIERE pertama kali dipublikasikan pada Juni 2019.

Jurnal ini terbit sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember.

Dalam setiap tahun jurnal ini mempublikasikan sebanyak 14 artikel.

 

KEBEBASAN BEBAS AKSES

 

Jurnal ini menyediakan akses bebas pada setiap konten artikel yang telah diterbitkan sehingga para peneliti dan pembaca bisa melakukan download, copy, print, dan melakukan sitasi tanpa perlu melakukan ijin secara langsung terhadap penulis maupun penerbit Jurnal PREMIERE.